Sukses

Berdasar Survei, Kaesang Pangarep Yakin PSI Bakal Tembus ke Senayan di Pemilu 2024

Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina menyebut peluang PSI lolos ke Senayan disumbang oleh asosiasi partai dengan Presiden Joko Widodo, terutama sejak masuknya Kaesang, serta dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep mengatakan, dirinya sudah mengetahui sejak lama bahwa partai yang dipimpinnya, Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, bakal menembus peroehan suara lebih dari empat persen atau melampaui ambang batas parlemen berdasarkan hasil survei. Seperti diketahui ambang batas parlemen adalah syarat mendapatkan kursi DPR.

"Udah tahu lama. Saya udah tahu," kata Kaesang usai Kampanye Akbar PSI di Lapangan Lasitarda Lasiana Kupang NTT, Rabu.

Berdasarkan survei terbaru Data Riset Analitika, PSI memperoleh suara sampai 4,3 persen. Jumlah persentase tersebut telah melampaui syarat ambang batas parlemen 4 persen yang memungkinkan partai yang mengklaim sebagai partai anak muda tersebut masuk ke DPR setelah gagal pada Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina menyebut peluang PSI lolos ke Senayan disumbang oleh asosiasi partai dengan Presiden Joko Widodo, terutama sejak masuknya Kaesang, serta dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Menurutnya, perpecahan Jokowi dengan PDIP memberi peluang bagi PSI untuk berkembang menjadi kendaraan politik bagi Jokowi.

“Masuknya PSI ke Senayan bisa menjadi saluran kepentingan Jokowi di arena legislatif, sedangkan Prabowo-Gibran menguasai eksekutif,” tutur Nana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlahan Menanjak

Elektabilitas PSI mulai menanjak secara perlahan sejak Kaesang menjabat Ketua Umum.

Bahkan, Kaesang menyebut PSI telah menempati posisi elektabilitas tertinggi ketiga di NTT berdasarkan hasil survei terbaru.

Kaesang tengah menjalani rangkaian Kampanye Akbar PSI sejak Selasa (30/1) hingga Kamis (1/2) di Pontianak, Kupang, Manado, dan Malang.

KPU RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini