Sukses

Anies Baswedan Janji Bangun Transportasi Umum di Medan Seperti Jakarta

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun transportasi umum di kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Anies menjanjikan Medan seperti Kota DKI Jakarta bila terpilih menjadi presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun transportasi umum di kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Anies menjanjikan Medan seperti Kota DKI Jakarta bila terpilih menjadi presiden.

Janji politik ini diutarakan Anies di hadapan masyarakat Deli Serdang, di GOR Pancing, Jl. Williem Iskandar Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumut, Minggu (3/12/2023).

"Saya dengar kota Medan sering macet, betul?," tanya Anies yang dibenarkan oleh masyarakat yang hadir.

Anies berjanji membangun jaringan transportasi umum yang menjangkau seluruh kawasan. Anies berharap dengan transportasi yang terintegritas ini akan memudahkan masyarakat bepergian.

"Kita ingin khusus di kota Medan juga bangun transportasi umun sehingga warga bisa pergi dari mana saja, ke mana saja dengan mudah," kata Anies.

Anies menyebut, transporasi di DKI Jakarta kian maju saat dirinya menjabat gubernur di ibu kota itu. Dia berharap, dengan membaiknya jaringan transportasi umum di Medan, masyarakat bisa menghemat pengeluaran biaya transportasi, sebab anggaran itu akan ditanggung negara dalam skema subsidi.

"Di Jakarta hari ini ada transportasi umum yang menjangkau semua, inshaAllah kita bangun sama-sama di Medan. Sehingga keluarga-keluarga di Medan tidak perlu membayar ongkos transportasi umum yang mahal karena negara yang akan membayar transportasi umum yang ada di Medan," kata Anies.

Anies menjanjikan tiga hal perubahan kepada masyarakat Deli Serdang dan Medan. Yakni harga beras dan kebutuhan pokok yang murah, lapangan pekerjaan luas, dan penyediaan layanan transportasi umum yang masif.

"Kita ingin adil untuk semua," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan: Memimpin Bukan Sekedar Jalankan Administrasi dan Pembangunan

Sebelumnya, Anies menyebut menjadi pemimpin bukan hanya sekedar menjalankan administrasi dan pembangunan. Menurut Anies, pemimpin harus bisa mempersatukan seluruh bangsa.

"Penting untuk disampaikan bahwa memimpin pemerintahan bukan sekedar menjalankan administrasi dan bukan jalankan pembangunan, tapi juga menjaga keutuhan persatuan di masyarakat," ujar Anies dalam kampanye di Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut), Minggu (3/12/2023).

Anies menyebut salah satu cara menjaga keutuhan dan persatuan bangasa yakni pemimpin harus menyapa dan menjangkau semua pihak, tidak memusuhi salah satu unsur masyarakat.

"Kalau semua dijangkau, semua disapa, pemerintah enggak beda-bedakan, maka ada rasa keadilan. Tapi bila pemerintah menjangkau sebagian, menjauhi sebagian, nah disitu muncul masalah, lalu ada rasa ketidakadilan," kata Anies.

Anies memastikan jika dirinya terpilih menjadi presiden periode 2024-2029 menggantikan Joko Widodo alias Jokowi, dia akan menerapkan apa yang dia katakan. Anies menyatakan akan merangkul semua pihak dan golongan.

"Maka prinsip dari kami adalah ke depan pemerintah menjangkau semua, bersilaturahmi dengan semua," kata Anies.

3 dari 3 halaman

Anies Kampanye di Medan

Diketahui, Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan tiba di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut) untuk melanjutkan kampanye Pemilu 2024, Minggu (3/12/2023). Anies tiba di Bandara Kualanamu sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat keluar dari Bandara Kualanamu, Anies tampak bersama mantan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang juga Ketua Timnas Pemenangan Daerah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Anies Baswedan terlihat sudah mengalungkan bunga. Dia mengenakan kemeja berwarna biru muda, dengan celana hitam.

Kedatangan Anies ini langsung disambut para pendukungnya yang didominasi oleh para ibu-ibu atau emak-emak. Mereka membawa pengeras suara ke depan pintu keluar Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara (Sumut).

"Satu, satu, satu pilihanku, kami nomor satu, nomor satu pilihanku, nomor satu presidenku," demikian yel-yek yang dinyanyikan oleh ibu-ibu pendukung Anies.

Mereka juga kerap menawarkan kepada masyarakat yang lewat untuk memilih Anies dalam Pilpres 2024.

"Jangan lupa pilih nomor satu," ujar mereka kepada masyarakat yang lewat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.