Sukses

Survei SMRC: Ada 5 Tokoh yang Cocok Dampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Ada 5 tokoh yang cocok mendampingi Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden. Kelima tokoh ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Liputan6.com, Jakarta Ada 5 tokoh yang cocok mendampingi Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden. Kelima tokoh ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Tokoh tersebut adalah Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, Muhaimin Iskandar dan Agus Harimurti Yudhoyono. Dalam survei yang digelar Mei 2023 ini, kelima nama itu dipilih responden sebagai cawapres yang cocok mendampingi Prabowo.

Berdasarkan survei, Sandiaga Uno memiliki keterpilihan 13,9 persen. Kemudian diikuti Erick Thohir 11,3 persen. Mahfud di urutan ketiga dengan angka 11,2 persen.

Selanjutnya ada Muhaimin Iskandar dengan angka 10,5 persen, dan kelima AHY 10,2 persen.

"Untuk Prabowo berhadapan dengan Anies dan Ganjar, ada 13,9 persen yang menyebut Sandiaga Uno paling baik mendampingi Prabowo, Erick 11,3 persen, Mahfud MD 11,2 persen, Muhaimin Iskandar 10,5 persen, AHY 10,2 persen," jelas Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Di antara tokoh tersebut tidak ada yang menonjol karena elektabilitas mereka hampir sama.

"Tidak ada tokoh yang berbeda menurut versi masyarakat tentang siapa yang sebaiknya menjadi calon wakil untuk Prabowo Subianto," papar Saiful.

Nama Lain yang Dipertimbangkan Jadi Pendamping Prabowo

Sementara, tokoh lain yang muncul adalah, Khofifah Indar Parawansa 6,6 persen; Airlangga Hartarto 5,2 persen; Yahya Cholil Staquf 4,5 persen; Said Aqil Siroj 1 persen; dan 25,6 persen belum menjawab.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cawapres yang Cocok Dampingi Ganjar Pranowo

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei perihal calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Hasilnya, nama ketua umum PSSI Erick Thohir menempati posisi teratas yang dipilih responden untuk mendampingi Ganjar.

Erick Thohir menempati urutan teratas dengan angka 19,4 persen untuk mendampingi Ganjar.

"Siapa cawapres terbaik untuk mendampingi Ganjar melawan Anies dan Prabowo? 19,4 persen menyebut Erick Thohir," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Sementara nama Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno berada di urutan kedua dengan angka 14,3 persen. Kemudian nama Menko Polhukam Mahfud MD juga cukup tinggi di urutan ketiga dengan 13,2 persen sebagai pendamping Ganjar.

"Perbedaan antara Erick Thohir dan Sandiaga Uno tidak signifikan karena berada di rentang dua kali margin of error plus minus 3,1 persen," jelas Saiful.

Nama Lain yang Dipertimbangkan Jadi Pendamping Ganjar Pranowo

Nama lainnya cukup terpaut jauh dengan tiga teratas. Yaitu, Khofifah Indar Parawansa 8,8 persen; AHY 8,4 persen; Airlangga Hartarto 7,8 persen; Said Aqil Siroj 2,5 persen; Yahya Cholil Staquf 1,4 persen; dan masih ada 24,3 persen yang belum menjawab.

"Sementara selisih Erick dengan nama-nama lain selain Sandiaga cukup signifikan secara statistik," papar Saiful.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini