Sukses

Tak Melulu Logistik, PAN Dinilai Kepincut Visi Recovery Ekonomi Erick Thohir

Adi melihat, Erick Thohir memiliki kesamaan visi dan misi dengan PAN dalam hal melakukan recovery ekonomi untuk Indonesia ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Adi Prayitno menyatakan bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir banyak memiliki daya tarik untuk dipinang sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Seperti halnya yang membuat Partai Amanat Nasional (PAN) kepincut dan menyatakan bahwa salah satu menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut patut menjadi orang nomor dua di Indonesia.

Adi mengatakan, daya tarik yang dimiliki Erick Thohir tidak melulu soal logistik. Kendati tidak dipungkiri logistik merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam Pemilu, namun masih banyak faktor lain yang menentukan.

Misalnya soal kesamaan visi dan misi yang dimiliki antara partai pengusung dan figur yang diusung. Adi melihat, Erick Thohir memiliki kesamaan visi dan misi dengan PAN dalam hal melakukan recovery ekonomi untuk Indonesia ke depan.

“Erick Thohir menjadi variable terkait kesamaan visi dan misi recovery ekonomi nasional, terkait logistik tidak muncul ke permukaan, namun karena punya visi ekonomi dengan PAN,” terang Adi kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia ini juga menjelaskan bahwa Erick Thohir menjadi penegasan bagi PAN yang mengambil sikap tegak lurus kepada Presiden Jokowi.

Baik PAN dan Erick Thohir juga merupakan bagian dari koalisi pemerintahan yang menginginkan diteruskannya pembangunan yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Presiden Jokowi terlihat begitu happy. Jika PAN mengusung figur di luar inner circle Presiden Jokowi, tentu presiden tidak akan sesumringah itu,” kata Adi memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duet Ganjar-Erick Bakal Dibawa ke Meja KIB

Lebih lanjut, Adi Prayitno juga menyoroti sinyal PAN yang akan memasangkan Erick Thohir dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Menurut dia, duet Ganjar-Erick berpeluang dibawa ke meja perundingan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar, dan PPP.

Apalagi hingga saat ini KIB belum memutuskan siapa yang akan diusung pada kontestasi demokrasi mendatang.

“Ganjar-Erick akan dibawa PAN ke meja perundingan KIB. Karena memang hingga saat ini KIB belum memiliki capres dan cawapres yang definitif untuk disepakati untuk diusung maju,” kata Adi kepada wartawan, Selasa (28/2/2023).

Dia menilai bahwa duet Ganjar-Erick merupakan pasangan yang tidak akan banyak mengalami resistensi di KIB. Hal ini mengingat, KIB merupakan koalisi yang berada di dalam pemerintahan.

“Selama PAN mengusung nama-nama yang berada di internal Presiden Jokowi maka tidak akan ada resistensi apapun,” ujar Adi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.