Sukses

Antisipasi Kepadatan Saat Periode Mudik, Astra Infra Terapkan Diskon Tarif dan Manajemen Trafik

Astra Infra sebagai operator jalan tol di Indonesia bersiap menyambut datangnya musim mudik Lebaran 2024. Guna mengurai kepadatan lalu lintas saat arus mudik nanti, mereka pun menyiapkan sejumlah stategi

Liputan6.com, Jakarta - Astra Infra sebagai operator jalan tol di Indonesia bersiap menyambut datangnya musim mudik Lebaran 2024. Guna mengurai kepadatan lalu lintas saat arus mudik nanti, mereka pun menyiapkan sejumlah stategi untuk menanggulanginya.

Salah satunya dengan menerapkan diskon tarif bagi pengguna jalan tol yang dikelola Astra Infra.

"Menyambut momen lebaran tahun ini, Astra Infra berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Harapannya, inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini," terang Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam keterangan resminya, Senin (25/3/2024).

Adapun terkait detail besaran serta periode diskon, Astra Infra sedang melakukan evaluasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system.

Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang serta peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A.

Adapun mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo-Palimanan, telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat.

Guna mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Jombang-Mojokerto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruas Tol Astra Infra

Untuk mengurai kepadatan pada puncak arus, Astra Infra turut mengimbau pemudik untuk dapat merencanakan perjalanan mudik lebaran dengan cerdas dan bijak, dengan menghindari perjalanan pada periode yang diprediksi menjadi puncak arus.

Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya. Sebagai antisipasi tambahan, pemudik juga dapat membawa perbekalan secukupnya.

Sekadar informasi, Astra Infra melalui PT ASTRA Tol Nusantara memiliki saham di 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yaitu ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak, MTN (Kunciran-Serpong), MLJ (Ulujami-Kebon Jeruk), ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan, TMJ (Semarang-Solo), ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, JSM (Surabaya-Mojokerto), serta JPM (Pandaan-Malang).

Secara keseluruhan, ASTRA Infra saat ini mengoperasikan 396 km jalan tol melalui 8 BUJT tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.