Sukses

Berbasis eVX, MPV Listrik Suzuki Dijadwalkan Meluncur pada 2026

SUV listrik eVX dikabarkan siap produksi Maruti Suzuki dan bakal dirilis di India pada 2025. Kabar terbaru, Maruti Suzuki juga menyiapkan minivan listrik yang dibangun menggunakan platform eVX

Liputan6.com, Jakarta - SUV listrik eVX dikabarkan siap produksi Maruti Suzuki dan bakal dirilis di India pada 2025. Kabar terbaru, Maruti Suzuki juga menyiapkan minivan listrik yang dibangun menggunakan platform eVX. Jika berjalan sesuai rencana, model ini akan debut di India pada September 2026. 

Tak cuma soal model, bahkan untuk kode nama juga sudah ada bocorannya. Akan disebut dengan kode nama YMC, dan menjadi minivan listrik pertama yang memakai lencana merek Suzuki.

Pabrikan juga akan menggunakan arsitektur skateboard dari platform 27PL yang saat ini masih dalam proses pengembangan bersama dengan Toyota. Karena dengan arsitektur macam itu memberikan nilai fleksibel untuk mendesain berbagai jenis bodi.

Meski begitu, rasanya perlu ada sedikit penambahan panjang dari basis EVX yang punya dimensi 4.300 mm. Tentu saja perlu dilakukan untuk menghasilkan kabin lebih lapang dan bisa menyediakan ruang untuk kursi penumpang baris ketiga plus bagasi. 

Jantung mekanis dan motor dinamo mungkin akan mengadopsi dari saudara SUV. Sebagai informasi awal EVX akan tersedia dengan baterai 40 kWh dan 60 kWh, menawarkan estimasi jarak jangkauan hingga 500 km.

Bahkan tak menutup ada opsi penggerak empat roda AWD. Lagi, jika sesuai dengan kabar yang beredar, Maruti Suzuki mungkin siap menunjukkan versi konsep pada tahun depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Model Baru

Sejumlah informasi pendukung mendasari rumor soal MPV atau minivan EV Suzuki. Seperti yang dilaporkan Autocar India, pasar negara Bharat akan kedapatan sebanyak delapan mobil baru yang terdiri dari SUV dan MPV.

Tiga di antaranya dipastikan adalah kendaraan listrik sepenuhnya. Sedangkan sisanya adalah bermesin konvensional dan hybrid.

Bahkan pasar lokal tengah menanti peluncuran model hybrid dari basis seperti Baleno, Fronx dan Swift sebagai bagian strategi elektrifikasi Suzuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.