Sukses

Pilihan Motor Listrik Murah Tak Sampai Rp 10 Juta di IIMS 2024

Beragam merek sepeda motor listrik ikut memeriahkan pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024

Liputan6.com, Jakarta - Beragam merek sepeda motor listrik ikut memeriahkan pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 di Hall C3 JIExpo Kemayoran, Jakarta. Harganya pum tergolong murah, ada yang dijual kurang dari Rp 3 juta.

Berikut ini pilihan skuter listrik murah yang ada di IIMS 2024, seperti dilansir oto.com:

1. ZPT Megan Classic

Banderolnya hanya Rp2,99 juta setelah dipotong subsidi pemerintah Rp7 juta. "Ini harga khusus pameran, setelah IIMS 2024 berakhir, harga naik," ungkap tenaga penjual motor listrik Megan.

ZPT Megan Classic adalah motor listrik lokal lansiran VMove, dengan basis perakitan di Gresik, Jawa Timur. Tenaga penjual menyebut produknya sudah memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 40 persen. "Harga tersebut juga sudah dengan garansi jasa servis seumur hidup," kata dia.

Bicara spesifikasi, ia mengusung empat unit baterai Sealed Lead Acid (SLA) berkapasitas 60v 20Ah. Untuk urusan dapur pacu ditangani oleh dinamo jenis Hub-drive dengan daya maksimal 1.000 watt. Klaim kecepatannya adalah 40 kpj dan daya jelajahnya dalam sekali isi penuh adalah 70 kilometer.

Meskipun terlihat cukup kompak, sepeda motor listrik Megan bisa menampung bobot hingga 140 kilogram. Tetapi kalau dipakai berboncengan orang dewasa ruangnya terbatas. "Unitnya inden, jadi harus booking dulu Rp1 juta. Bagi yang berminat bisa langsung test drive.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Greentech Unity

Greentech Unity dijual Rp5,3 juta. Banderol awalnya adalah Rp13 juta, namun ada diskon merek sebesar Rp700 ribu dan subsidi pemerintah Rp7 juta, jadi harganya terpangkas jauh.

Spesifikasinya menggunakan baterai Super Graphene berkapasitas 60 volt 32 Ah. Daya jelajahnya menembus 100 kilometer dan kecepatan maksimum 60 kpj.

3. Selis Neo-Scootic

Skuter listrik lansiran Selis ini dijual Rp6,5 juta. Selis Neo Scootic bukan barang baru, motor listrik ini sudah dilansir sejak 2022 dan jadi salah satu model pertama yang mengantongi sertifikasi TKDN serta menerima subsidi Rp7 juta dari pemerintah.

Soal performanya, motor listrik ini menggunakan baterai jenis SLA berkapasitas 60 volt 20 Ah. Daya jelajahnya 40 kilometer dengan kecepatan maksimal 40 kpj. Jika dibandingkan dengan dua motor listrik di atas, dimensi Selis Neo-Scootic jauh lebih besar, selayaknya skutik normal.

3 dari 4 halaman

4. Greentech Aero

Greentech Aero bisa dibilang ukurannya lebih besar di dalam daftar ini. Desainnya sangat mirip dengan Yamaha Nouvo lawas. Ia sudah memenuhi TKDN 40 persen. Harganya semula Rp13,9 juta dipangkas subsidi menjadi Rp6,9 juta.

Walau tergolong motor listrik murah, spesifikasinya cukup menarik. Baterainya berjenis SLA removable berkapasitas 72 volt 32 Ah, dengan kecepatan maksimum 70 kpj dan daya jelajah 80 kilometer.

5. Greentech VP

Masih dari brand yang sama ada Greentech VP. Tampilannya cukup unik karena persis dengan Vespa Sprint 150. Selain punya dimensi yang cukup lega dan bisa dipakai boncengan, motor listrik ini juga tersedia dalam beragam pilihan warna.

Untuk spesifikasinya, Greentech VP dibekali baterai SLA berkapasitas 60 volt 32 Ah dengan daya jelajah 100 kilometer dan kecepatan maksimum 55 kpj. Harganya cuma Rp7,5 juta.

4 dari 4 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.