Sukses

Empat Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Terdapat masalah berupa ban mobil yang hanya terkikis habis pada satu sisi saja. Kita tentu harus segera menyelidiki penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Ban mobil yang sering digunakan pastinya mengalami gesekan yang terus menerus dengan permukaan jalan. Itulah mengapa, ban akan menjadi aus dan terkikis habis akibat gesekan terhadap jalan yang tidak selalu mulus.

Namun, terdapat masalah berupa ban mobil yang hanya terkikis habis pada satu sisi saja. Kita tentu harus segera menyelidiki penyebab ban aus hanya pada satu sisi saja, karena kondisi tersebut akan mengurangi kenyamanan berkendara.

Ada beberapa faktor penyebab ban cepat aus pada salah satu sisinya saja, seperti dikutip dari Suzuki Indonesia. Berikut uraiannya:

1. Kelebihan Muatan

Kelebihan muatan pada satu sisi dapat menjadi penyebab habisnya ban mobil sebelah, mengakibatkan ketidakseimbangan beban yang dapat merugikan keseimbangan dan kinerja kendaraan.

Dampaknya, tidak hanya dapat mempercepat keausan ban, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan karena kendali yang kurang stabil, menjadikan pentingnya pemeliharaan yang teratur dan perhatian terhadap distribusi muatan pada kendaraan.

2. Sudut Kemiringan pada Ban Tidak Persis Lurus

Ban yang sudut kemiringannya diatur dengan benar dan lurus, maka permukaan ban tersebut akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata.

Akan tetapi, ketika sudut kemiringan ban diatur kurang teliti dan ban menjadi tidak lurus, maka dampaknya permukaan ban tidak akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata dan sempurna lagi.

Kemudian, apabila hal tersebut terjadi pada ban kita, maka yang akan didapat adalah kondisi ban mobil kita jadi habis sebelah. Lebih jelasnya, ban yang sudutnya tidak rata lantas membuat sebagian permukaan ban lebih condong mengarah keluar.

Mengapa sudut kemiringan pada ban bisa tidak lurus? Kuncinya ada pada tahap spooring, yang pelaksanaannya kurang teliti sehingga hasilnya tidak memenuhi standar. Adapun spooring adalah proses untuk mengatur toe in serta toe out sesuai standar mobil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tekanan Angin pada Ban yang Tidak Sesuai

Ban kendaraan harus menerima tekanan angin yang sesuai dengan pedomannya agar performa ketika digunakan berkendara pun terjamin. Sebab, setiap ban mobil memiliki ukuran untuk tekanan angin sesuai jenisnya, jadi tidak sama untuk setiap ban.

Itulah mengapa, kita perlu mematuhi pedoman ban yang kita gunakan agar tekanan angin sesuai standarnya. Namun, bila ban menerima tekanan angin yang kurang sesuai pedoman, yang akan terjadi salah satunya adalah ban jadi habis sebelah.

4. Pengaturan Suspensi

Satu lagi penyebab ban mobil habis sebelah yang perlu kita perhatikan, yakni pengaturan suspensi yang kurang tepat. Hal tersebut akan menyebabkan sudut tegak lurus ban dengan tanah berakhir tidak tepat.

Kondisi tersebut kemudian membuat salah satu sisi ban tidak menapak ke permukaan jalan dengan sempurna. Dampak yang akan terjadi kemudian adalah salah satu sisi ban lebih cepat habis atau aus. Tidak hanya berdampak pada kondisi ban yang salah satu sisinya menjadi lebih cepat habis, suspensi yang pengaturannya tidak lurus pun akan mempengaruhi area camber. 

Lebih tepatnya, ketika sisi bawah pada ban condong dan miring ke luar, akan membentuk camber menjadi negatif lalu mengikis ban dalam lebih cepat. Kebalikannya, apabila sisi bawah suatu ban condong ke dalam, camber menjadi positif lalu membuat sisi luar suatu ban habis lebih dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.