Sukses

Bridgestone Indonesia Rilis Ban Baru untuk MPV dan Small SUV

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menambah lini produk ban baru, yakni Ecopia EP300 Enliten. Ban untuk kendaraan jenis MPV dan small SUV ini tersedia dalam tiga ukuran diameter pelek

Liputan6.com, Jakarta - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menambah lini produk ban baru, yakni Ecopia EP300 Enliten. Ban untuk kendaraan jenis MPV dan small SUV ini tersedia dalam tiga ukuran diameter pelek, yakni 15,16, dan 17 inci.

Disebutkan, ban mobil terbaru ini menerapkan teknologi Enliten sehingga membuatnya dapat membantu kendaraan jadi lebih hemat bahan bakar, lebih menggigit di jalanan basah, dan lebih tahan lama.

Teknologi Enliten sendiri terdiri dari tiga aspek, yakni Sustainability, Safety, dan Performance. Pada aspek Sustainability, Enliten memungkinkan menghasilkan dampak lingkungan yang lebih rendah melalui pengurangan emisi CO2, efisiensi penggunaan sumber daya, dan sirkularitas material.

Sementara dari aspek Safety, ban ini dikembangkan dengan memastikan tingkat keamanan tertinggi dalam kondisi kering maupun basah.

Sedangkan dari sisi Performance, ban ini diklaim menawarkan performa luar biasa di setiap area fokus masing-masing produk, sehingga memastikan terpenuhinya kebutuhan yang paling penting bagi konsumen.

"Isu terkait lingkungan menjadi concern terbesar kami dan sudah menjadi bagian dari Bridgestone E8 Commitment, dimana di dalamnya terdapat poin-poin terkait Energy, Ecology, dan Efficiency. Kehadiran Ecopia EP300 Enliten, di luar sisi bisnisnya, menunjukkan komitmen kuat kami pada aspek lingkungan," terang President Director Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/11/2023).

Sementara itu, Ahmad Nuril Mujahidin selaku OE Technical Service Bridgestone Indonesia menyebutkan, Ecopia EP300 Enliten memiliki rolling resistance coefficient (RRC) atau hambatan gulir yang rendah lebih rendah 4 persen dibandingkan ban tanpa teknologi Enliten.

Hasil ini, menurut Ahmad Nuril, didapat berkat penggunaan teknologi nano-protect pada bagian compound-nya sehingga menghasilkan RRC yang lebih bagus.

Hal ini tentu akan berdampak cukup signifikan pada rendahnya produksi CO2 karena ada penekanan konsumsi bahan bakar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Lainnya

Ecopia EP300 Enliten mengadopsi 'Crown Shape' pada pola kembangannya. "Penerapan desain ini berhasil memberikan tekanan kontak lebih merata ban pada permukaan aspal dan berkontribusi pada RRC yang lebih baik," ujar Ahmad Nuril.

Selain itu, penerapan optimalisasi ini juga berpengaruh pada performa yang lebih baik di lintasan basah, baik untuk handling maupun pengereman.

Ecopia EP300 Enliten juga ditunjang oleh desain tepi blok yang membulat mencegah deformasi untuk menjaga bentuk kontak, yang akan membantu saat proses pengereman.

"Penerapan desain tapak baru untuk mengontrol deformasi ban dengan lebih baik, mampu memberikan daya tahan yang lama pada kinerja ban. Seperti pada saat penanganan dan pengereman di lintasan basah," jelas Marketing Director Bridgestone Indonesia, Masaki Abe.

Ecopia EP300 Enliten juga didukung teknologi Round Rib Edge yang mampu mempertahankan kekakuan terhadap gaya lateral untuk memastikan bentuk kontak yang lebih baik dan distribusi tekanan kontak. Hal ini akan memberikan pengalaman penanganan yang lebih baik saat di lintasan basah pada pengemudi.

Soal harga, Ecopia EP300 Enliten 3-5 persen di atas Ecopia EP150 yang sudah eksis lebih dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.