Sukses

Siapa Sangka, Jokowi Ternyata Pernah Pelihara Mobil Isuzu Panther Miyabi

Jokowi rupanya pernah memelihara mobil Isuzu Panther yang juga dikenal sebagai rajanya diesel. Mobil lawas tersebut sampai saat ini masih dalam kondisi yang baik, hal ini terlihat dari unggahan akun Instagram @istana_parnaraya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata memiliki berbagai mobil yang terbilang cukup mudah ditemukan. Dari pabrikan Jepang ada Nissan Juke, Grand Livina, hingga Daihatsu Espass. Selain itu, orang nomor satu di Indonesia tersebut memiliki Mercedes-Benz keluaran tahun 2004 dan 1996.

Jokowi rupanya pernah memelihara mobil Isuzu Panther yang juga dikenal sebagai rajanya diesel. Mobil lawas tersebut sampai saat ini masih dalam kondisi yang baik, hal ini terlihat dari unggahan akun Instagram @istana_parnaraya.

Mobil penumpang ini rupanya sudah tak dimiliki oleh ayah dari Kaesang Pangarep tersebut. Kabar terakhir, mobil ini berada dan tersimpan rapi di wisata Istana Parnarya, Sidoharjo, Wonogiri.

Dari foto yang ada, mobil Isuzu Panther ST Wagon lansiran tahun 1994 atau 1995 ini tampil rapi dengan warna abu-abu dan strip hijau. Eksterior dan interiornya pun terlihat masih terawat.

"Ex Kendaraan Pribadi Bapak Ir. Joko Widodo Presiden Republik Indonesia," bunyi tulisan di pintu mobil itu.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lurah di Solo

Suparno, pemilik tempat wisata Istana Parnaraya menceritakan singkat dirinya bisa memiliki mobil tersebut. Rupanya ia mendapatkannya dari seorang lurah di Solo.

"Diperoleh dari seorang Lurah di kota Solo," ungkap salah satu karyawan dalam wawancara di Channel Youtube Wonogiren pada 15 Mei 2021.

Fakta lainnya, Panther ini merupakan mobil pertama yang dimiliki Jokowi. Tergolong ikonik sebab mobil ini disebut sebagai generasi awal Isuzu Panther atau sempat dikenal dengan sebutan "Panther Miyabi". Mobil sejuta umat di zamannya ini bermesin diesel dengan kapasitas 2238cc.

Tidak disebutkan secara detail bagaimana Suparno mendapatkan mobil pertama Jokowi itu, termasuk harganya saat dibeli dari lurah di Kota Solo. 

Sumber: Otosia.com

Penulis: Ahmad Muzaki

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini