Sukses

Pertamax Vs Pertalite, Mana yang Terbaik untuk Kendaraan Anda?

Bagi Anda yang terpikirkan untuk beralih dari Pertamax ke Pertalite, tentu ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan. Berikut perbedaan Pertalite dengan Pertamax dikutip dari berbagai sumber.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga untuk sejumlah Bahan Bakar Minyak Nonsubsidi mulai 1 September 2023. BBM Pertamina jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite mengalami kenaikan harga.

Harga BBM Pertamax menjadi Rp 13.300 per liter dari sebelumnya Rp 12.400 per liter per liter untuk wilayah Jabodetabek. Kenaikan harga BBM Pertamax sebesar Rp 900. Sedangkan untuk harga BBM jenis Pertalite tidak mengalami perubahan, harganya Rp 10.000 per liter.

Bagi Anda yang terpikirkan untuk beralih dari Pertamax ke Pertalite, tentu ada berbagai pertimbangan yang harus dilakukan. Berikut perbedaan Pertalite dengan Pertamax dikutip dari kanal Hot Liputan6.com.

Nilai Oktan

Perbedaan utama Pertalite dan Pertamax terletak pada nilai oktan. Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) 90, sedangkan Pertamax memiliki RON 92. 

Setiap pabrikan kendaraan bermotor mencantumkan nilai minimum RON untuk setiap kendaraannya. Secara garis besar, kendaraan dengan kompresi tinggi membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi. Anda sebaiknya mengecek bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompresi Mesin

Kompresi mesin juga bisa dijadikan patokan perbedaan Pertalite dan Pertamax. Pertamax adalah BBM yang dibuat untuk mesin dengan kompresi di atas 10:1 sampai 10,9:1. Sementara itu, Pertalite ditujukan untuk kompresi di bawah Pertamax, yaitu 9:1 hingga 10:1. Walaupun begitu, Pertamax memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan Pertalite. Mengandung zat aditif seperti pembersih, anti karat, dan zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air atau demulsifier.

Warna Cairan

Perbedaan Pertalite dan Pertamax juga terdapat pada warna cairan masing-masing bahan bakar tersebut. Biasanya Pertalite berwarna hijau, Pertamax berwarna biru. Tak hanya sebagai penanda, warna tersebut juga berpengaruh pada kinerja mesin, karena bahan bakar tanpa bahan pewarna dapat menghasilkan pembakaran lebih sempurna.

 

3 dari 3 halaman

Tingkat Polusi

Setiap bahan bakar memiliki tingkat polusi yang berbeda berdasar kualitas dari bahan bakar tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik kendaraan juga memperhatikan hal ini untuk menjaga lingkungan lebih sehat. Perbedaan Pertalite dan Pertamax adalah suatu hal yang bisa dilihat dari tingkat polusi ini. Semakin tinggi nilai oktan dari BBM maka polusi yang dihasilkan semakin kecil.

Harga

Perbedaan Pertalite dan Pertamax selanjutnya juga bisa kamu lihat dari harganya. Tentunya banyak juga orang yang mempertimbangkan harga dari BBM untuk menyesuaikan dengan kemampuan ekonominya. Semakin tinggi nilai oktan suatu BBM, akan semakin tinggi pula harga jualnya. Maka dari itu, harga Pertamax lebih mahal daripada harga Pertalite.

Sumber: Hot Liputan6.com

Penulis: Husnul Abdi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.