Sukses

Johnny G Plate Sering Tumpangi Maybach Seharga Rp 6 Miliaran, Tenaganya Buas Banget

Kasus korupsi pejabat negara sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Tanah Air. Kali ini Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Johnny G Plate lah yang jadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastrukur Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Rabu, 17 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi pejabat negara tersandung kasus korupsi. Terbaru, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastrukur Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Rabu, 17 Mei 2023.

BTS 4G sendiri merupakan proyek dari Kemkominfo yang bertujuan mempercepat pembangunan BTS 4G untuk wilayah 3 terdepan, terpencil dan tertinggal atau 3T agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang merata.

Dalam hal ini, Kominfo mencoba menggenapi upaya pemerintah dalam menutup kesenjangan digital.

Sebelum jadi tersangka kasus korupsi proyek BTS ini, Johnny pernah beberapa kali terlihat menggunakan mobil mewah. Tidak main-main jenis mobil mewah yang ditumpangi Johnny adalah Mercedes-Maybach S650.

Maybach sendiri merupakan ultra-luxury series dari Mercedes-Benz. Mobil tersebut dikenal dengan desain elegan, kemewahan, fitur kelas atas, serta kenyamanan tinggi.

Tipe Maybach S 650 yang digunakan sediri merupakan salah satu tipe mobil paling mewah yang ditawarkan Mercedes-Benz. Saat ini, Maybach S-Class milik politisi partai Nasdem tersebut tidak lagi dijual oleh Mercedes-Benz Indonesia. 

Populasinya senidri juga sangat sedikit karena harganya yang fantastis. Menurut beberapa sumber, harga satu unit Mercedes Maybach S650 Johnny mencapai Rp 6,9 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Buas

Mobil super mewah ini dibekali mesin bertenaga karena di balik kap bersemayam mesin V12 berkubikasi 5.980cc.

Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 630 tk dan torsi maksimum 1.000 Nm. Tidak kalah menarik, mesin ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,7 detik.

Namun, sayangnya mobil mewah tersebut tak tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Johnny.

Padahal seluruh pejabat negara diwajibkan melaporkan harta kekayaanya ke LHKPN agar mereka terhidar dari menikmati harta yang tidak sah saat menjabat.

Dalam laporan yang tersebut, Johnny hanya mencantumkan tiga kendaraan, yakni Toyota Alphard 2013 seharga Rp320 juta, Mitsubishi Fuso Colt Truck 2013 yang nilainya ditaksir sekitar Rp140 jutaan, serta motor Honda Vario 2019 bernilai Rp13,5 juta.

Sementara Mercedes-Maybach S650 yang super mewah dan kerap ia tumpangi sama sekali tidak ditemukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.