Sukses

Tips Menggunakan Google Maps Agar Tidak Nyasar Seperti Honda HR-V Ini di Hutan Angker Pati

Belum lama ini heboh peristiwa pengendara Honda HR-V nyasar ke tengah Hutan Tambakromo, Pati, Jawa Tengah. Kejadian inipun membuat gempar jagad dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini heboh peristiwa pengendara Honda HR-V nyasar ke tengah Hutan Tambakromo, Pati, Jawa Tengah. Kejadian inipun membuat gempar jagad dunia maya.

Lantaran tidak mengetahui medan, pengemudi mobil kelir putih ini mengikuti arah yang diberikan google maps. Namun, entah bagaimana ceritanya ia malah nyasar hutan Pati.

Anehnya, meski berwarna putih mobil ini tetap tempak bersih tanpa noda. Padahal jalan di sekitar hutan angker ini tanahnya becek karena hujan yang mengguyur.

Selain itu, menurut warga setempat jejak dari ban mobil Honda ini sama sekali tidak terlihat. Menurut pengakuan dari pengemudi, ia merasa seperti melewati jalan tol biasa.

Jika dipikir secara rasional, kejadian ini mungkin dapat terjadi karena kelalaian pengendara saat menggunakan aplikasi google maps. Karena terlalu fokus memperhatikan aplikasi, bisa jadi membuat sang pengendara kurang fokus pada jalanan.

Oleh karena itu, bagi para pengendara aplikasi google maps juga harus digunakan dengan bijak. Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini dengan baik?

Berikut beberapa tips menggunakan sistem navigasi google maps:

1. Simpan Alamat yang Ingin dituju

Fitur ini merupakan salah satu fitur yang paling dasar, tetapi sangat berguna. Dengan fitur ini, google maps dapat memberi petunjuk arah tanpa harus memasukan alamat setiap saat.

Untuk melakukannya, cukup cari alamat lokasi yang ingin dituju kemudian, klik lokasi, lalu pilih tombol "Simpan". Dengan cara ini, juga dapat meminimalisir salah memasukan alamat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Gunakan Fitur Street View

memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan jalan dari lokasi yang ingin dituju. Fitur ini dapat sangat membantu jika pengguna ingin memastikan tujuan atau alamat tertentu.

Untuk menggunakan Street View, cukup cari lokasi dan klik tombol "Street View". Fitur ini juga dapat digunakan untuk survey tempat sekitar seperti, situasi parkir dan aksesibilitas lokasi.

3. Membuat Peta khusus

Ternyata pengguna juga dapat membuat peta khusus di Google Maps. fitur ini dapat digunakan cukup dengan mencari lokasi, simpan lokasi itu sebagai "favorit", lalu tambahkan lebih banyak lokasi ke peta.

Kamu juga dapat menambahkan catatan, label, serta informasi lain ke peta khusus ini sehingga sangat berguna untuk merencanakan dan mengatur perjalanan. 4. Gunakan peta secara daring

Fitur yang satu ini sangat berguna untuk perjalnanan ke daerah dengan akses internet terbatas. Melihat dari kejadian HR-V nyasar, salah satu penyebab yang juga mungkin dapat terjadi adalah masalah jaringan.

Terkadang jika jaringan tidak stabil maka google maps dapat error sehingga rute perjalanan jadi berubah sendiri.

Untuk mengantisipasi hal ini, pengguna dapat menggunakan google maps secara daring dengan cara, cari lokasi, ketuk tombol "Lainnya", lalu pilih "Unduh peta daring".

Fitur Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses peta dan mendapatkan petunjuk arah bahkan ketika tidak memiliki koneksi internet sekalipun. Dengan mengikuti tips ini, Google Maps dapat sigunakan secara lebih optimal dan membantu pengalaman navigasi menjadi lebih efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini