Sukses

Porsche Kembangkan SUV Listrik 7 Penumpang, Meluncur 2027

Porsche tengah mengerjakan sebuah sport utility vehicle (SUV) mewah bertenaga listrik

Liputan6.com, Jakarta - Porsche tengah mengerjakan sebuah sport utility vehicle (SUV) mewah bertenaga listrik. Model tersebut, memiliki ukuran cukup besar, dengan konfigurasi hingga tujuh penumpang.

Disitat dari InsideEVS, Selasa (7/2/2023), SUV listrik mewah ini diberi nama kode K1, dan akan berada di atas Maxan dan Cayenne. Kabar yang beredar, mobil listrik ini akan mulai dipasarkan pada 2027.

Berbicara spesifikasi, K1 akan menggunakan sasis Porsche Premium Platform Electric, dengan sistem listrik berukuran 920V. Kisaran jarak tempuhnya bisa mencapai 700 km.

Selain itu, meskipun memiliki konfigurasi hingga 7 tempat duduk, namun SUV listrik mewah ini akan tetap menginterpretasikan sebuah SUV yang sporty.

Dengan melihat harga jualnya nanti, sekitar US$200 ribu atau setara Rp 3 miliar, model ini akan menjadi penantang dari Lamborghini Urus dan Ferrari Purosangue.

Sementara itu, SUV listrik Porsche ini juga akan menampilkan perkembangan terbaru dari teknologi kinerja baterai yang memungkinkan mampu melakukan pengisian cepat. Untuk ukuran baterainya sendiri, lebih dari 100 kWh.

Sebagai informasi, sambil menunggu kehadiran mobil listrik mewah ini dalam 4 tahun ke depan, akan banyak kendaraan listrik yang siap diluncurkan Porsche, seperti versi facelift dari Taycan, dan juga Macan EV.

Sedangkan Boxster atau Cayman listrik juga akan dirilis sekitarn 2025, dan juga versi listrik dari Panamera.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Porsche 911 GT3 RS Meluncur di Indonesia, Speknya Mendekati Mobil Balap

Porsche 911 GT3 RS meluncur di sela gelaran Porsche World RoadShow (PWRS) 2023 pada 2 Februari 2023 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Spesifikasinya paling mendekat mobil balap dari seluruh varian Porsche 911 yang tersedia saat ini. Bahkan belum lama telah mencetak rekor lap baru di Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Pada dasarnya, mobil ini adalah 911 GT3 Cup dengan spesifikasi yang masih legal untuk dijalankan di jalan raya. Penguatan performa pada mesin, chassis, aerodinamika dan sebagainya yang menyeluruh menjadi menu utama dari GT3 RS generasi model berkode 992 ini.

Coupe yang semakin tidak praktis untuk dipakai harian, namun semakin siap dan ganas untuk melahap setiap tikungan di Sirkuit Sentul.

Yang paling kentara perubahannya dibandingkan GT3 adalah eksterior yang semakin ekstrem dan terfokus pada aerodinamika ala mobil balap. Sayap belakang lebih besar, lebar dan tinggi, disertai fungsi DRS (drag reduction system).

Fungsi DRS terintegrasi dengan flap di bagian dalam bumper depan, yang menggeser posisi radiator. Bahkan kompartemen di bonnet depan tidak ada lagi, digantikan oleh sistem fan untuk hasilkan downforce lebih tinggi di depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini