Sukses

Daihatsu Ancang-Ancang Hadirkan Mobil Baru

Astra Daihatsu Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan produk baru yang bakal dirilis di tahun ini. Meski tidak disebutkan secara jelas model apa yang akan diluncurkan, dugaan sementara tertuju pada Daihatsu Ayla.

Liputan6.com, Jakarta - Astra Daihatsu Indonesia dikabarkan tengah menyiapkan produk baru yang bakal dirilis di tahun ini. Meski tidak disebutkan secara jelas model apa yang akan diluncurkan, dugaan sementara tertuju pada Daihatsu Ayla.

Pasalnya, bila dilihat dari masanya, Ayla sudah memasuki waktu penyegaran. Bahkan di Malaysia, Perodua dikabarkan menyiapkan Axia terbaru berkode D74A. 

“Untuk mobil baru ya ada, untuk tahun selanjutnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasti kita mendengarkan, ada juga survei ke kustomer. Pasti pada tahun ke depan ada perubahan itu (model baru, Red). Kembali lagi nanti kita di media gathering,” ucap Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) kemarin (17/1/2023) di Jakarta.

Kembali kepada Ayla baru. Bicara teknologi, Daihatsu sudah punya resepnya di model lain. Misal menggunakan platform DNGA Rocky. Sehingga kelapangan interior dan bentuk tubuh bisa makin memanjang. Kaitannya dengan kenyamanan penghuni kabin.

Sasis monokok ini punya banyak keunggulan dibanding model lawas. Salah satunya peregangan jarak sumbu roda. Ukuran lain seperti ground clearance dan dimensi dapat disesuaikan kebutuhan. 

Jantung pemacu juga bisa mengadopsi dari Rocky. Jantung mekanis 3-silinder 1,2 liter WA-VE. Tarian piston ganjil itu menghasilkan tenaga sampai 87 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimum 113 Nm di 4.500 rpm.

Opsi penyaluran energi kinetik melalui transmisi manual 5-speed dan D-CVT atau Dual mode Continuously Variable Transmission.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Waktu Peluncuran

Ayla terbaru juga sangat mungkin diracik seperti Perodua Axia di Negeri Jiran. Dari dokumen yang terungkap, memperlihatkan penggunaan enjin berkode 1KR-VE, tiga silinder 998 cc VVT-i 12 katup.

Daya dihasilkan hanya 68 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm di 4.400 rpm. Opsi transmisi sama. Jadi, kelak di level LCGC tidak hanya Brio yang memiliki transmisi jenis CVT.

Daihatsu Ayla dan kembarannya Toyota Agya 2023 dipastikan mengusung suspensi depan McPherson Strut. Sedangkan penyangga roda belakang berjenis Torsion Beam.

Bentuk maupun ukuran pelek bisa diatur sebagai diferensiasi produk. Entah pakai ring 14 inci atau boleh pula 15 inci. Lalu pengereman diyakini tetap pakai cakram di depan, serta drum di belakang.

Kita nantikan saja kejutan mobil baru dari Daihatsu semester pertama. Paling cepat, boleh jadi pada kuartal satu ini mendebut.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini