Sukses

Triton Racikan Mitsubishi Ralliart Siap Turun di AXCR 2022

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand semakin dekat. Tim Mitsubishi Ralliart yang turun di kejuaraan inipun menyatakan kesiapannya.

Untuk diketahui, tim yang berada di bawah naungan Mitsubishi Motors Corporation itu akan bersaing di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam) dengan mengandalkan Mitsubishi Triton. Ada tiga unit yang dipersiapkan untuk ajang ini.

Balapan akan dimulai pada 21 November 2022. Di hari pertama kompetisi, peserta akan melakukan "pemanasan" melalui lintasan Special Stage (SS) serta melakoni seremoni pembukaan AXCR 2022 di Buriram, Thailand.

Baru pada 22 November 2022 berlangsung penuh hingga berakhir pada 26 November 2022 di Siem Reap, sebelah timur laut Kamboja.

Yang membanggakan bagi Indonesia, Rifat Sungkar sebagai jawara Indonesian Sprint Rally Championship menjadi pembalap utamanya. Dia akan dinavigatori oleh Chayapon Yotha dari Thailand yang berstatus juara Thailand Autocross Championship.

Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President of Mitsubishi Motors mengatakan, pihaknya memiliki insinyur terbaik yang mendukung berbagai kemenangan tim di World Rally Championship dan Rally Dakar.

Dukungan teknologi pun telah diwariskan kepada generasi penerus dalam mempersiapkan mobil reli untuk AXCR yang melelahkan ini.

"Di bawah kepemimpinan direktur tim (Mitsubishi Ralliart) Hiroshi Masuoka, yang telah memenangkan Rally Dakar dua kali berturut-turut, saya yakin tim akan bersatu untuk memberikan performa yang kuat dengan Mitsubishi Motors-ness," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Siap Turun Balap

Sementara itu, Direktur tim Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka menyampaikan, dirinya telah memanfaatkan pengetahun dan pengalaman relinya dalam mengun organisasi tim dan bekerja untuk mengasah mobil reli yang akan digunakan.

Menurutnya, Triton yang dipersiapkan kemampuannya telah ditingkatkan. Sekarang mobil itu lebih cepat, kuat, dan tangguh.

"Kami memiliki organisasi layanan yang hebat untuk mendukung tim, serta memungkinkan para pembalap mengerahkan 100 persen potensi diri mereka. Seluruh tim siap untuk tantangan berat ini," katanya.

Disebutkan, berbagai persiapan telah dilakukan tim Mitsubishi Ralliart jepang penyelenggaraan AXCR 2022. Terakhir, mereka melakukan shakedown atau pengujian di medan yang mirip dengan kondisi lintasan balap pada 9 November 2022.

Shakedown dilakukan di area proving ground Mitsubishi Motors (Thailand) Co., Ltd di Si Racha, Chonburi. Tak tanggung-tanggung, total jarak uji ketahanan ini mencapai 1.900 kilometer.

Setelah melalui pengujian untuk mengecek keandalan dan daya tahan mobil sekaligus melakukan penyesuaian mesin dan sasis guna menghasilkan performa maksimal dan mudah dikendalikan, tim akhirnya menyataka mobil-mobil tersebut siap turun balap.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS