Sukses

Terpaksa Tenggak Pertalite, Hyundai Pastikan Garansi Stargazer Tak Hangus

Hyundai Stargazer ini memiliki rasio kompresi 10,5:1, yang secara teknis memang disarankan untuk menggunakan BBM dengan RON minimal 91 atau 92 (Pertamax)

Liputan6.com, Malang - Hyundai Stargazer yang merupakan Low MPV andalan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dipersenjatai mesin 1,5 liter MPI 4 silinder 16-valve. Sejatinya, jantung penggerak ini sama dengan yang digunakan oleh Hyundai Creta.

Dengan spesifikasi mesin tersebut, Hyundai Stargazer memiliki rasio kompresi 10,5:1, yang secara teknis  disarankan untuk menggunakan BBM dengan RON minimal 91 atau 92 (Pertamax).

Dijelaskan Makmur, Chief Operating Officer (COO) HMID, Hyundai Stargazer itu terdapat stiker yang menunjukan atau memberikan informasi terkait rekomendasi bahan bakar, yang tanpa timbal.

Memang, untuk mengejar performa, mobil-mobil Hyundai sekarang ini memiliki kompresi mesin yang tinggi. Dan hal ini menunjukan penggunaan bahan bakar yang tinggi juga.

"Tapi saya nyatakan, itu untuk mengejar performa. Bila konsumen mementingkan performa kita merekomendasikan untuk mereka menggunakan BBM dengan oktan yang tinggi," jelas Makmur, di sela-sela media test drive Hyundai Stargazer di Batu, Malang, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Lalu, pertanyannya apakah boleh menggunakan oktan rendah, misalkan Pertalite? "Jawabannya, boleh. Kita tidak bisa melarang konsumen menggunakan itu," tegas Makmur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garansi Hangus

Berbicara garansi yang bakal hangus ketika konsumen menggunakan Pertalite, Makmur kembali menegaskan hal tersebut tidak akan terjadi.

"Tapi, kembali saya jelaskan, bila menggunakan kendaraan mementingkan fun to drive maka gunakan (BBM) sesuai rekomendasi yang diberikan," pungkas Makmur.

Sebagai informasi, jantung mekanis yang digendong pesaing Mitsubishi Xpander ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 Ps pada putaran 6.300 rpm, dan torsi maksimum sebesar 144 Nm pada 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis IVT dan manual 6 percepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini