Sukses

Porsche Macan Listrik Akan Diproduksi Lebih dari 80 Ribu Unit

Porsche berencana membuat lebih dari 80.000 unit Macan listrik. Jumlah tersebut sama dengan varian Porsche Macan dengan mesin bensin yang telah diproduksi hingga saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Porsche berencana membuat lebih dari 80.000 unit Macan listrik. Jumlah tersebut sama dengan varian Porsche Macan dengan mesin bensin yang telah diproduksi hingga saat ini.

Porsche telah mengisyaratkan produksi Macan listrik selama beberapa tahun, dan pada awal 2021 akhirnya mengkonfirmasi kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Kepala produksi Porsche Albrecht Reimold mengatakan, Porsche berencana memproduksi sebanyak mungkin unit model Macan dalam versi listrik seperti aslinya dengan mesin pembakaran internal.

"Kami memproduksi lebih dari 80.000 unit generasi saat ini, dan dalam jangka panjang kami juga berencana untuk memproduksi sebanyak mungkin Macan listrik," kata Reimold, kepada majalah Automobilwoche, dikutip dari Hindustan Times, Senin (23/8/2022).

SUV kompak Macan adalah salah satu model terlaris Porsche. Sejauh ini, satu-satunya model mobil listrik Porsche adalah Taycan coupe. Kendaraan listrik Macan diharapkan bergabung dengan portofolio pada 2023/24.

Porsche Macan listrik saat ini sedang dalam pengembangan. SUV listrik ini berbagi beberapa komponen dengan Audi Q6 e-Tron.

Baik Porsche Macan listrik dan Audi Q6 e-Tron akan menggunakan platform modular PPE (Premium Platform Electric) baru yang dikembangkan Porsche dalam kemitraan dengan Audi. Berbagai iterasi dari arsitektur ini akan mendukung beberapa model di seluruh Grup Volkswagen.

Prototipe Porsche Macan listrik telah terlihat diuji beberapa kali. Produsen mobil tersebut dilaporkan mengandalkan pengujian dunia nyata dan virtual untuk mempercepat pengembangan Macan listrik, terutama untuk mempertajam aerodinamika kendaraan listrik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Porsche Macan Terbaru Hadir di Indonesia

Porsche Macan terbaru telah hadir di Indonesia dengan tiga varian yang ditawarkan, yakni Macan, Macan S, dan Macan GTS. Model baru ini datang dengan teknologi lebih canggih dan performa lebih menggoda.

"Macan baru, yang terinspirasi dari kata Bahasa Indonesia untuk harimau, adalah model baru yang sangat dinanti dan kami senang bahwa generasi terbaru dari jajaran SUV kami ini telah tiba di sini di Indonesia," ujar Michael Vetter, Managing Director Porsche Indonesia.

Bos Porsche di Indonesia itu menambahkan,"Dengan lima pintu dan lima kursi, Macan benar-benar tak terbantahkan dan tak terbendung. Dengan generasi terbaru ini, Macan tetap menjadi SUV kompak paling sporty, dengan DNA Porsche yang dengan mudah dapat langsung dikenali. Kami yakin bahwa Macan baru akan menjadi hit di segmennya."

Visual eksterior Porsche Macan terbaru dibuat seragam seluruh varian. Wajahnya punya apron dengan garis lebih sporty dan dinamis, menonjolkan warna hitam yang sebelumnya menjadi ciri khas varian GTS. Di kisi-kisi grille sekarang hadir aksen bertekstur yang menciptakan efek tampilan 3D.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dibekali Teknologi PDLS

Efek serupa bisa dijumpai pada side molding dan diffuser belakang. Desain diffuser belakangnya juga semakin besar dan agresif, mengadopsi milik trim GTS.

Teknologi PDLS (Porsche Dynamic Light System) kini hadir sebagai standar untuk Macan. Termasuk di varian dasar yang sebelumnya menjadi opsional. Kemudian desain spion samping sekarang mengadopsi standar dari yang sebelumnya opsional dari Sport Package.

Selain ukuran 19 inci yang juga menjadi standar, Macan kini mendapat 7 pilihan desain pelek baru. Untuk eksterior sendiri kini hadir 14 pilihan warna termasuk opsi baru Gentian Blue Metallic, Papaya Metallic, dan Phyton Green.

Ubahan di interior sangat signifikan. Porsche berikan kontrol haptic-touch untuk rangkaian tombol di konsol tengah, seperti di Cayenne dan Panamera terbaru.

Sementara sistem infotainment menggunakan layar full HD 10,9 inci PCM (Porsche Communication Management). Sudah mendukung voice command dan Apple CarPlay.

Ada opsi desain setir baru seperti milik Panamera dan desain GT Sport dari 911. Fitur driving assistant canggih ditawarkan opsional seperti Lane Departure Warning dan Self-steering Park Assist untuk Macan terbaru.

4 dari 4 halaman

Performa dan Harga

Layanan personalisasi Porsche Exclusive Manufaktur juga ditawarkan. Sang Macan bisa mendapatkan aksen interior seragam dengan warna Papaya Metallic, Gentian Blue Metallic dan Crayon seperti eksteriornya.

Tersedia juga paket interior dengan Carbon, jok Race-Tex dengan elemen kulit, dan beberapa opsi eksklusif lainnya.

Macan varian bontot menggendong mesin 4-silinder, 2.0 liter turbo dengan tenaga 265 hp dan torsi 400 Nm. Klaim akselerasi  0-100 km/jam tuntas dalam 6,2 detik.

Kemudian Macan S mengandalkan mesin V6 2.9 liter bi-turbo bertenaga 380 hp dan torsi 520 Nm.  Diklaim akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,6 detik saja.

Sedangkan Macan GTS yang paling ganas, dengan mesin sama hasilkan 440 hp dan 550 Nm, untuk bisa melesat dalam 4,3 detik. Penyalur daya dipercayakan pada transmisi PDK 7-percepatan untuk semua varian.

Pada Macan 3, Porsche menawarkannya dengan banderol off the road mulai Rp 1,7 miliar, untuk Macan yang juga tersedia dalam opsi Indonesia Premium Package dengan harga Rp 2,1 miliar. Lalu varian Macan S dibanderol Rp 2,23 miliar.

Sementara Macan GTS bisa diboyong dengan mahar Rp 2,65 miliar. Porsche Macan terbaru sudah tersedia untuk dipesan melalui Porsche Center Jakarta dan Porsche Center Surabaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.