Sukses

Pakai Mobil Listrik, Blue Bird Hemat Biaya Perawatan Armada Hingga 30 Persen

PT Blue Bird Tbk (BIRD) berencana untuk terus menambah armada mobil listriknya hingga akhir 2022

Liputan6.com, Jakarta - PT Blue Bird Tbk (BIRD) berencana untuk terus menambah armada mobil listriknya hingga akhir 2022. Bahkan, perusahaan transportasi yang identik dengan warna biru ini hendak mendatangkan 50 unit roda empat ramah lingkungan, yaitu BYD T3.

Binarti A Yulianto, Vice Presiden Teknik PT Blue Bird Tbk, mengatakan dengan menggunakan armada taksi listrik, pihaknya bisa menghemat biaya perawatan dan pemakaian bahan bakar dibandingkan dengan kendaraan konvensional.

"Penghematannya bisa mencapai 30 persen, dibandingkan dengan armada mobil bensin. Itu sudah termasuk perawatan dan juga penggunaan bahan bakar ya," jelas wanita lulusan teknik nuklir Universitas Gajah Mada saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Binarti melanjutkan, perawatan untuk mobil listrik ini memang tidak seperti mobil bensin. Tidak ada penggantian oli dan filter yang memang biasa dilakukan di armada konvensional.

Selain itu, perawatan juga hanya sebatas kaki-kaki mobil, karena memang sebagai armada taksi akan menempuh jarak yang cukup jauh, lalu penggantian ban, dan kampas rem.

"Soal perawatan kami melakukan pelatihan dari BYD Indonesia dan juga importir umum yang mendatangkan mobil listrik. Kemudian, kalau memang ada kendala kami berkoordinasi secara online. Setelah itu, kami akan melakukan perawatan tersendiri. Untuk spesialis BYD kami sudah ada," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Katalis Armada Listrik Taksi

Sebagai informasi, armada taksi Blue Bird saat ini total berjumlah 60 unit, dengan rincian 30 unit untuk taksi dan 30 unit untuk disewakan.

Sudah ada empat model mobil listrik Blue Bird, yaitu Tesla X 75D untuk e-Silverbird, BYD E6 dan E7 untuk e-Bluebird, serta Hyundai Ionic dan Kona untuk kendaraan sewa jangka panjang Goldenbird.

Sedangkan penambahan armada BYD t3 sebanyak 50 unit pada tahun ini, akan disebar dengan komposisi 25 unit tersebar di Jakarta dan 25 unit di Bali.

Penggunaan armada taksi listrik Blue Bird ini, dimulai pada 2019 di Jakarta, dengan peluncuran 25 unit BYD E6 A/T dan 4 unit Tesla Model X 750D.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.