Sukses

Hadapi Kendala Jelang MotoGP Belanda 2022, Pembalap Gresini Racing Tetap Incar Poin

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Gresini Racing MotoGP mengalami kendala saat sesi latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Belanda 2022. Salah satu penyebabnya adalah cuaca yang berubah-ubah.

Hal ini membuat Fabio Di Giannantonio dan Enea Bastianini kesulitan mendapatkan setingan terbaik. Alhasil, keduanya akan mengawali balapan di Sirkuit Assen dari posisi 15 dan 16 pada Minggu (26/6/2022).

Di lintasan sepanjang 4,542 meter dengan konfigurasi 12 tikungan kanan dan 6 tikungan ke kiri, Fabio Di Giannatonio membukukan waktu 1:32,912 detik. Sementara torehan waktu Enea Bastianini 1:33,005 detik.

Fabio Di Giannatonio yang akrab disapa Diggia mengaku kurang puas dengan hasil yang diraih saat sesi kualifikasi. Sebab dirinya mengalami beberapa kendala dengan motor, bahkan terlalu lama di pit-box dan menyia-nyiakan waktu.

“Hal ini membuat saya tak ada waktu menggunakan ban kompon lunak pada sesi kedua time attack. Bila tidak ada kendala kemungkinan bisa ikut Q2,” akunya.

Pembalap bernomor 49 itu menyebut, telah melakukan penyesuaian pada sesi sore, namun tak membuahkan hasil.

"Sejujurnya saya berharap bisa start balapan lebih maju ke depan, dan nanti di sesi warm up akan lebih krusial untuk memahami apakah kita akan kompetitif atau tidak," katanya.

Adapun Bastianini yang start dari posisi 16 juga mengaku kecewa dengan hasilnya, padahal di sesi latihan bebas (FP4) sudah melakukan dengan baik.

“Saya sangat percaya diri bisa hadapi kualifikasi, tapi kendala di motor pertama membuat perencanaan buyar,” katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Bertekad Raih Poin

Ketika beralih ke motor kedua, pembalap bernomor 23 ini tak mendapat feeling yang sama sesuai dengan yang diinginkannya.

“Ini adalah masalah yang harus cepat mendapat solusinya, dan salah satunya cara terus mencari penyelesaiannya. Di sesi warm up nanti kami harap bisa tampil bagus dan mencoba konsisten di balapan: setidaknya bisa finis sepuluh besar bisa diperoleh,” jelas Bastianini.

Meski tengah dihadapkan dengan permasalahan, pembalap yang timnya disponsori Federal Oil itu tetap bertekad tampil ngotot dan meraih poin maksimal.

Saat ini Bastianini berada di posisi empat (4) klasemen sementara juara dunia MotoGP 2022 dengan 100 poin. Sementara Diggia di posisi 20 dengan total poin 20.