Sukses

Terinspirasi Pesawat Terbang, BMW R NineT Kustom Ini Tampil Nyentrik

Dari sekian banyak model kustom BMW R nineT (R9T) di dunia, ada satu yang sangat mencolok. Yaitu karya seni dari Wayne Buys.

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak model kustom BMW R nineT (R9T) di dunia, ada satu yang sangat mencolok. Yaitu karya seni dari Wayne Buys. Pria asal Afrika Selatan ini bisa dibilang memberikan pandangan baru dalam dunia custom terhadap sepeda motor bermesin boxer 1.170cc.

Wayne Buys mengambil inspirasinya dari bentuk aerodinamis jet tempur era WW2. Hasil karyanya itu ia juluki ‘Strom’. Hampir seluruh komponen dia buat sendiri di garasi rumahnya.

Garasi ajaibnya disebut FabMan Creations dan itu adalah tempat dirinya membuat semua part motor kustom. Mulai dari sistem pembuangan stainless steel, sepatbor, dan suku cadang sepeda motor aluminium kustom. Dia juga menawarkan perbaikan serta pengelasan.

Proyek Storm yang ia kerjakan menampilkan serangkaian bodywork aluminium. Itu dibuat dengan tangan, menggunakan roda Inggris (English wheel) buatan sendiri. Di sini dirinya bekerja dalam bentuk bebas, tanpa satu sketsa, render, atau template. Keterampilan membentuk logamnya diperoleh secara otodidak.

Body kit yang dibuat untuk menyelimuti R9T sebetulnya berasal dari lembaran alumunium. Bahkan yang lebih mengesankan Wayne membentuknya dengan cara memalu tiap panel di tunggul pohon. Secara keseluruhan, ia membuat seluruh panel bodi selama 8 bulan.

Konstruksi yang dibuatnya seperti potongan teka-teki. Panel saling mengunci satu sama lain melalui pengencang kepala Allen kecil yang terlihat seperti paku keling pada pesawat.

Bodywork yang dibuat Wayne terdiri dari bagian ekor kustom, penutup tangki bulat, penutup lampu depan, penutup roda dan sepatbor, penutup lengan ayun, dan penutup full-length. Panel aluminium juga tampak pada sisi tangki untuk menyalurkan udara dingin ke kepala silinder.

Terdapat dua intake kecil di kedua sisi fender depan yang tertutup penuh mengarahkan udara ke rem. Sementara intake di bagian belakang dilengkapi dengan kipas, membantu mendinginkan oil cooler yang diposisikan ulang.

Ada kipas lain di depan untuk mendinginkan elektronik, yang semuanya berada di bawah penutup tangki. Dan ada panel jala di bagian atas untuk membantu keluarnya udara panas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagian Lainnya

Knalpot sangat tersembunyi. Header disembunyikan dari pandangan, keluar melalui tiga port di kedua sisi perut. Kotak lubang di bawah header membantu menghentikan udara panas agar tidak berkumpul di dalam.

Pertimbangan yang sama masuk ke area kontrol. Wayne membuat sepasang setang aluminium yang menjepit garpu, secara efektif bertindak sebagai clip-on. Lampu sein berada di ujung setang, dan kaca spion hanya menempel di kanan setang. Wayne juga membuat tuas mundur yang dibuat khusus, begitu pula throttle internal.

Semua kabel berjalan di dalam setang, dengan master silinder rem dan kopling terselip di bawah bodywork. Di bagian atas ada dasbor khusus yang dibangun dengan speedo Acewell, serta terdapat beberapa tombol tekan untuk melakukan fungsi dasar. Storm tidak menggunakan kunci kontak melainkan dengan remote untuk menyalakannya.

Storm sebenarnya dipesan oleh salah satu pelanggan yang membawa langsung BMW R nineT ke garasinya. Konsumennya itu menginginkan sesuatu yang terinspirasi dari pesawat dan memiliki desain sangat aerodinamis. Dan hasilnya terlihat seperti hanya tinggal menekan satu tombol untuk lepas landas.

Sepeda motor “Storm” berbasis BMW R NineT dari FabMan Creation ini dijual seharga €25.000 EUR (sekitar Rp 387 jutaan). Mereka yang tertarik untuk membeli atau memesan sepeda motor custom sendiri dapat menghubungi FabMan Creations melalui situs webnya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini