Sukses

Derita ke Toilet Saat Macet Mudik Lebaran 2022, Pemudik Nyaris Ketinggalan

Beragam cerita unik mudik Lebaran 2022 bisa ditemukan di media sosial. Tentu keseruan ini sudah lama dinanti-nanti karena pemerintah Indonesia akhirnya mencabut larangan mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cerita unik mudik Lebaran 2022 bisa ditemukan di media sosial. Tentu keseruan ini sudah lama dinanti-nanti karena pemerintah Indonesia akhirnya mencabut larangan mudik.

Salah satunya seperti yang dibagikan pria pemilik akun TikTok @robaniii. Dalam video yang diunggah 3 hari lalu, ia menceritakan pengalamannya saat terjebak macet di Tol Merak.

Kebelet Pipis

Dalam video yang diunggah pemilik akun bernama dappaaa sedang berjalan kaki di pinggir jalan. Di depannya terjadi kemacetan dan mobil-mobil melaju pelan.

Rupanya dappaaa baru saja ke toilet karena lagi kebelet buang air. Apesnya saat ditinggal ke toilet mobil yang ditumpanginya udah melaju.

"diem di mobil ga maju2, giliran ditinggal ke toilet bentar mlaah maju terus," tulisnya.

Beruntung kala itu mobil yang dikendarainya belum jauh. Alhasil ia tak sampai berjalan jauh demi menghampiri mobilnya.

"cuma bentar ko jalannya, soalnya didepan udah macet lagi, jadi mobilnya langsung ketemu," tulisnya di kolom komentar.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 79 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang heran karena dappaaa tak panik sama sekali.

"gue klo kaya gitu udh panik wkwk," tulis itz.yanti

"aku pas macet mau ke toilet karna gak ada toilet jadi numpang toilet bus yg di belakang ku," jelas RAFFI

"kmren banyak yg ketinggalan mobil kya gni wkwkw," komentar tasya suka tejus

"turun dari toll berapa langkah sampe rumah gua," tulis tsy

"tapi bklan gak panik sih org macetnya pjg," jelas its me

Sumber: Otosia.com

Sumber video https://www.tiktok.com/@robaniii/video/7092234724185247003

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini Jadinya Kalau Mudik Lebaran 2022 Naik Mobil Sambil Bawa Motor

Bagi Anda yang berencana untuk mudik Lebaran 2022 menggunakan kendaraan pribadi, tentu harus mengenal batas maksimal muatan yang bisa dibawa. Jika terlalu berlebihan, tentu membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Setiap kendaraan sebenarnya memiliki batas maksimal muatan yang dibawa. Hanya saja terkadang ada pemiliknya yang nekat membawa muatan berlebih, padahal kondisi seperti ini sangat berbahaya.

Seperti mobil dalam video unggahan akun Instagram @dagelan pada Senin (25/4/2022). "Gimana persiapan mudiknya kawaaan?," tulis akun tersebut.

Angkut Motor

Dalam video tersebut terlihat ada seorang pria yang menata muatan di bagasi mobil. Barang bawaan yang dibawa benar-benar tak terduga, sebab terlihat ada motor matik, koper, kardus, hingga karung besar.

Jika dilihat dari desainnya, diduga mobil putih tersebut merupakan LCGC Ayla atau Agya. Karena dimensinya kecil jelas saja muatan-muatan tadi tak cukup di bagasi.

Alhasil pintu bagasi sampai dibuka ke atas dan barang-barang tadi diikat dengan talil agar tak terjatuh. Kemudian barang-barang tadi ditutup menggunakan terpal berwarna biru.

Aturan Terkait

Pada dasarnya mobil penumpang boleh dipakai untuk mengangkut barang. Hanya saja tak boleh berlebihan dan harus memenuhi beberapa syarat. Menurut aturan PP 74/2014 pasal 10 ayat 2 dan 3 syarat tersebut meliputi:

a. tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dirancang khusus;b. barang yang diangkut sesuai dengan ruang muatan; danc. jumlah barang yang diangkut tidak melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 200 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang menyarankan agar menyewa truk saja.

"Membahayakan diri dg overload bgtu," tulis nadaanabiila_

"Yg ada ketangkep polisi pak," jelas ecywichaksani

"Ga sekalian rumahnya dibawa pak," komentar yudieth

"Skalian Pindah rumah itu," tulis dones1708

"Sewa truk aja,lebih aman," jelas robby.habibie

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.