Sukses

Pemudik Harus Tahu, Berikut Daftar Rest Area yang Wajib Dikunjungi Sepanjang Tol Trans-Jawa

Bagi Anda yang mudik menggunakan jalan tol, pasti sudah familiar dengan kehadiran rest area. Beristirahat sejenak di rest area dapat beristirahat sejenak dan melepas kepenatan. Beragam rest area dengan desain menawan bisa ditemui di jalur Tol Trans-Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang mudik menggunakan jalan tol, pasti sudah familiar dengan kehadiran rest area. Beristirahat sejenak di rest area dapat memulihkan tenaga dan melepas kepenatan. Beragam rest area dengan desain menawan bisa ditemui di jalur Tol Trans-Jawa, berikut daftarnya.

Rest area KM 260B Banjaratma

Masuk dalam Kabupaten Brebes dan rest area KM 260B Banjaratma ini merupakan tempat beristirahat di Tol Trans-Jawa yang dibangun bekas pabrik gula. Area ini pas banget buat para pecinta fotografi, sebab punya looks klasik. Lokasi ini juga bisa dijadikan untuk tempat hunting foto. Tempat istirahat ini mengusung desain vintage.

Tak heran kalau bangunannya artistik. Selain istirahat, Anda juga bisa berkeliling untuk menikmati sejarah area pabrik gula masa lampau. Di tempat ini juga berjajar deretan produk hasil UMKM setempat yang bisa jadikan oleh-oleh.

Rest Area KM 456 Salatiga

 

Rest Area KM 456 terletak di Kabupaten Salatiga dan merupakan tempat beristirahat favorit saat sampai di jalur Semarang-Solo. Bahkan dalam hal desain area beristirahat ini disebut-sebut sebagai tempat beristirahat termegah di sepanjang tol Trans-Jawa. Pasalnya, terdapat bangunan Joglo yang akan menyambutmu saat sampai di lokasi ini.

Berbeda dari tempat beristirahat lainnya, Rest Area KM 456 dibangun dengan mengusung konsep ruang atraksi budaya, ruang ritel, area terbuka hijau dan area bermain serta edukasi. Jadi ada banyak alternatif kegiatan yang dapat dilakukan selama berkunjung. Di lokasi ini Anda bisa membeli berbagai produk buatan UMKM lokal.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rest Area KM 429A (Tol Semarang-Bawen)

Berada di Kabupaten Ungaran, tempat beristirahat ini tidak hanya memiliki pemandangan indah namun juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Di tempat ini terdapat berbagai fasilitas yang memadai seperti fasilitas toilet bersih, masjid, SPBU, restoran dan kafe ternama.

Keuntungan lain singgah di Rest Area KM 429 tentu saja berhubungan dengan view-nya. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Ungaran yang cantik tepat dari sisi belakang bangungan tempat beristirahat. Selain itu bisa mengambil foto-foto dengan view pegunungan yang asri.

Rest Area KM 391 (Tol Semarang-Batang) 

Tempat beristirahat di Tol Trans-Jawa ini terbilang cukup terakhir diresmikan dibandingkan beberapa lokasi lainnya. Menjadi salah satu favorit pengunjung. Tak heran di musim-musim tertentu terjadi kemacetan di jalanan menuju tempat beristirahat ini.

Salah satu keunikan area beristirahat KM 391 yang diburu banyak pengunjung adalah gerai kulinernya yang menyajikan beragam makanan khas setempat. Berada di Kabupaten Kendal, Anda bisa menikmati beragam makanan khas Jawa Tengah jika berkunjung ke sini.

Beberapa sajian khas yang banyak diburu pengunjung adalah satai blengong khas Tegal, kupat glabed, dan soto tauto khas Pekalongan.

 

3 dari 3 halaman

Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi

Nama area beristirahat di Tol Trans-Jawa yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta road trip. Pasalnya, Rest Area 88 kerap disebut sebagai lokasi terbaik untuk beribadah di sepanjang tol Trans-Jawa. Pasalnya di area tempat beristirahat ini terdapat Masjid Al Safar.

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di tanah air. Desain dari Masjid Al Safar dibuat langsung oleh Ridwan Kamil. Punya konsep yang megah dan futuristik masjid ini tidak luput menjadi objek foto pengunjung. (Bgx/Tom)

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.