Sukses

Royal Enfield Himalayan Disulap Jadi Armada Pemadam Kebakaran

Sementara itu, melihat kondisi tersebut membuat Dinas Pemadam Kebakaran di India melalukan pembaruan armada mereka dengan menggunakan sepeda motor agar lebih cepat untuk mencapai titik lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kali mobil dinas Pemadam Kebakaran kerap mengalami kesulitan untuk mengakses titik lokasi kobaran api. Hal ini dikarenakan dimensi mobil yang lebar dan panjang, membuat mobil Pemadam Kebakaran tersebut harus berjuang ekstra untuk menembusnya.

Sementara itu, melihat kondisi tersebut membuat Dinas Pemadam Kebakaran di India melalukan pembaruan armada mereka dengan menggunakan sepeda motor agar lebih cepat untuk mencapai titik lokasi.

Tidak tanggung-tanggung, mereka telah berhasil menyulap Royal Enfield Himalayan untuk dijadikan kendaraan dinas. Meski berbentuk motor, namun kendaraan ini suda dilengkapi dengan beberapa peralatan mumpuni untuk memadamkan api.

"Dinas Pemadam Kebakaran memiliki kendaraan roda empat ukuran besar dan sedang, tetapi tidak ada kendaraan roda dua sehingga sulit untuk memadamkan api di gang-gang sempit dan kawasan kumuh," jelas Kepala Pemadam Kebarakan India, Kiran Gawade, melansir Rideapart.

Dengan geografis yang tidak menguntungkan untuk mobil besar, maka diharapkan melalui penggunaan motor ini dapat menjadi alternatif memadamkan api di lokasi kejadian. "Oleh karena itu, kami membutuhkan sepeda motor pemadam kebakaran seperti yang mereka miliki di luar negeri," tambah Kiran.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilengkapi dengan Peralatan Standar Pemadam Kebakaran

Adapun perlengkapan yang dipasangkan di motor tersebut meliputi dua tangki air dengan kapasitas 20 liter yang ditempatkan di sisi kanan dan kirinya.

Sementara pipa yang menjadi sarana dalam memadamkan api, juga telah dipasangkan dengan panjang 100 kaki pada gulungan yang ditempatkan di bagian belakang lengkap dengan pompa bertekanan tinggi.

Tidak hanya dilengkapi dengan peralatan memadamkan api, tetapi, motor ini juga telah dipersenjatai dengan peralatan medis dan jiwa untuk menolong korban.

Pemilihan model Royal Enfield Himalayan ini didasarkan pada beberapa keunggulan seperti kokoh, ringan dan gesit sehingga dirasa mampu untuk menerjang medan yang sempit yang tidak dijangkau oleh mobil.

3 dari 3 halaman

Infografis Klaim KPK di Hari Antikorupsi Sedunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.