Sukses

PLN Hadirkan 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Lagi di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - PLN terus menjaga komitmen pemerintah dalam menyongsong era elektrifikasi dengan menghadirkan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jakarta.

Pelaksaan tersebut juga mendapat sambutan baik dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik. Pada 4 Januari 2022, PLN, kembali menghadirkan dua titik pengisian kendaraan listrik di Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta.

"Melalui kesempatan ini, kami mengapresiasi peran dan kontribusi PT PLN (Persero) atas segala upaya dan komitmennya dalam mendukung terbentuknya ekosistem KBLBB, salah satunya dukungan bagi program penggunaan KBLBB untuk keperluan operasional dinas Pemerintah melalui penyediaan infrastruktur SPKLU di kantor pemerintah," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari.

Dengan hadirnya dua SPKLU di Jakarta ini, diharapkan dapat mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, sehingga dapat mengurangi kendaraan dengan sumber energi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menyumbang emisi karbon.

"PLN agar terus berkolaborasi dan berinovasi dengan berbagai stakeholder agar terjadi akselerasi implementasi KBLBB," tambah Ida.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

SPKLU Sebagai Masa Transisi dari BBM ke Elektrifikasi

Sementara itu, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, menjelaskan transisi dari BBM ke listrik ini menjadi sebuah keharusan untuk menjaga ketersediaan energi pada masa mendatang.

"Percepatan pengguna kendaraan listrik di Indonesia perlu didukung dengan pembangunan infrastruktur pengisian ulang yang memadai. PLN mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk terdepan dalam menyediakan infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik," jelasnya.

Untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik, PLN juga telah menyediakan fitur SPKLU yang terdapat pada aplikasi PLN Mobile. Fasilitas ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam mengisi energi menggunakan SPKLU.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan memilih menu SPKLU yang ada di dalam PLN Mobile. Dalam menu tersebut terdapat fitur-fitur yang sangat membantu pengguna kendaraan listrik antara lain pencarian lokasi, pengisian energi, tipe konektor yang tersedia di SPKLU, dan SPKLU yang bisa digunakan atau tidak, melakukan pengisian energi, melihat riwayat transaksi, serta besaran energi yang dikonsumsi.

3 dari 3 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS