Sukses

Ekspor Mobil dan Motor Suzuki Moncer Selama Pandemi

Meski pandemi Covid-19 masih menghantui, torehan ekspor mobil dan sepeda motor Suzuki di tahun ini mulai menunjukkan angka peningkatan dibanding tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pandemi Covid-19 masih menghantui, torehan ekspor mobil dan sepeda motor Suzuki di tahun ini mulai menunjukkan angka peningkatan dibanding tahun lalu.

Menurut Apriyanto, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), peningkatan angka ekspor Suzuki memperlihatkan mulai pulihnya pasar otomotif dunia, terutama negara-negara tujuan ekspor mobil unggulan produksi Suzuki Indonesia.

"Pakistan, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Meksiko adalah beberapa negara yang memiliki permintaan tinggi terhadap kendaraan Suzuki," terang Apriyanto di GIIAS 2021.

Di kategori CBU (Completely Built Up), mobil yang diekspor meliputi APV, New Carry, All New Ertiga dan XL7. Sedangkan kategori CKD terdiri dari All New Ertiga, New Carry, dan Karimun Wagon R.

Disebutkan, Suzuki XL7 dan Karimun Wagon R menjadi dua model yang paling berkontribusi besar. XL7 menyumbang 39 persen dari total ekspor CBU. Sedangkan Karimun Wagon R kontribusinya mencapai 95 persen di kategori CKD.

Di sepanjang Januari–Oktober 2021, Suzuki mengekspor ke 49 negara yang tersebar di Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan, Oseania, hingga Afrika.

"Melihat tren positif ini, hingga akhir 2021, kami menargetkan untuk mengekspor mobil ke 52 negara tujuan," ujar Apriyanto.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekspor Motor Suzuki

Di kategori sepeda motor, Suzuki Satria F150, NEX II, dan Address UK110 menjadi model yang paling diminati. Suzuki Satria F150 penjadi penyumbang ekspor terbesar dengan 62,6 persen, disusul NEX II sebesar 11,9 persen, dan Address UK110 dengan 7,2 persen.

Sementara produk Suzuki GSX Series sendiri sudah di ekspor ke negara-negara di benua Eropa seperti, Jerman, Belgia, Perancis, Italia, dan lainnya.

Saat ini, sepeda motor Suzuki sudah diekspor ke 35 negara dan akan terus menambah negara tujuan ekspor ke berbagai kawasan lainnya di dunia.

Sekadar informasi, target ekspor mobil Suzuki di tahun ini mencapai 65.754 unit, sedangkan sepeda motor sebesar 135.028 unit. Di tahun depan, Suzuki telah mencanangkan kenaikan target dibanding perolehan di tahun ini.

"Target (ekspor mobil dan sepeda motor) kami di 2022 naik 10 persen," ujar Apriyanto. Dirinya juga menyebut, Irak menjadi salah satu negara tujuan ekspor terbaru Suzuki.

3 dari 3 halaman

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.