Sukses

Susul Xiaomi dan Huawei, Oppo Juga Bakal Bikin Mobil Nirsopir?

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti jejak Xiaomi dan Huawei, satu lagi pabrikan smartphone yang siap terjun ke bisnis otomotif. Perusahaan tersebut, adalah Oppo yang merupakan pemain serius di industri ponsel cerdas di Asia Pasifik.

Melansir Carscoops, berdasarkan laporan dari Cina, salah satu pendiri dan Kepala Eksekutif Oppo, menjadi orang di balik proyek mobil ini. Bahkan, dalam beberapa pekan terakhir, pihak Oppo telah mulai mempekerjakan orang-orang dari rantai pasokan otomotif.

Selama wawancara baru-baru ini, Chen mengakui ketertarikannya di dunia otomotif.

"Bahkan di bidang manufaktur mobil, kami akan fokus pada area yang dapat digunakan Oppo dengan baik. Jika produsen mobil tidak bisa membuat mobil bagus dan Oppo punya kekuatan, kami akan mencobanya pada masa mendatang," ujarnya, seperti dilansir Car News China.

Pihak Oppo sendiri dilaporkan telah bertemu dengan pembuat baterai CATL dalam beberapa pekan terakhir. Diyakini, Oppo juga membentuk tim ahli mengemudi otonom, termasuk Eric Gui, yang sebelumnya bekerja untuk start-up mobil listrik China Xpeng.

2 dari 4 halaman

Penerbitan paten

Oppo juga dikatakan baru-baru ini menerbitkan sejumlah paten terkait mengemudi otonom, termasuk peralatan elektronik untuk penentuan posisi mobil, kamera, dan perangkat pengukur jarak. Car News China menambahkan bahwa Oppo sedang melakukan penelitian di sebuah fasilitas di Chengdu.

Tapi, bukan berarti karena Oppo sedang melakukan penelitian tentang ruang otomotif, tidak berarti pabrikan Negeri Tirai Bambu ini berkomitmen untuk memproduksi mobilnya sendiri. Lagipula, seperti yang telah diketahui dari Apple, memulai upaya semacam itu bukanlah hal yang mudah.

 

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: