Sukses

Bersihkan Rem Mobil Sambil Nunggu Berbuka, Bisa Jadi Kegiatan Ngabuburit

Menjaga kebersihan rem cakram mobil bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pengereman menjadi salah satu faktor keselamatan dalam mengemudikan kendaraan. Untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik, ada kalanya sebagai pemilik kendaraan hal ini bisa menjadi perhatian khusus.

Dalam hal perawatan, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan komponen tersebut. Terlebih pada bulan Ramadan ini, di mana untuk menunggu waktu berbuka puasa bisa sembari ngabuburit.

Untuk membersihkannya, ternyata tidak repot. Hanya ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan untuk bisa mengangkat mobil, serta melepaskan ban dari mobil.

Alat yang dipersiapkan antara lain adalah dongkrak, kunci roda serta cairan brake cleaner.

Biasanya, untuk beberapa model mobil rem cakram hanya ditempatkan di bagian depan. Sehingga, untuk memudahkan dalam membersihkan rem cakram hal pertama yang harus dilakukan adalah mendongkrak bagian depan.

Tapi ingat, sebelum mendongkrak mobil, baut pada pelek harus dikendurkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar saat ban terangkat, baut roda sudah bisa diputar dengan mudah menggunakan tangan.

Setelah baut-baut roda dilepaskan, maka roda akan sangat mudah untuk dilepaskan dan rem mobil siap untuk dibersihkan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunakan Cairan Khusus Brake Cleaner

Untuk membersihkan rem cakram, cairan yang diperlukan adalah brake cleaner. Tidak disarankan menggunakan cairan lain.

Cairan brake cleaner ini bisa membantuk untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan rem cakram. Di samping itu, kadang kala dari cairan tersebut juga bisa membersihkan dari karat yang berada di sekeliling tepian rem cakram.

Setelah semua disemprot, biasanya kotoran yang ada di permukaan akan rontok dengan cairan tersebut. Tidak hanya itu, untuk memberikan hasil yang maksimal, hal ini bisa dilakukan secara periodik dengan mandiri.

Ada baiknya membersihkan rem ini dilakukan dengan peghitungan dua atau tiga bulan sekali atau jika mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer, perlu diperhatikan juga dalam hal kebersihannya agar tetap memberikan hasil yang maksimal.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.