Sukses

Dongkrak Ekspor Produk Otomotif, Menperin Agus Gumiwang Kunjungi Jepang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berangkat ke Tokyo, Jepang, kemarin (9/3). Tujuan kunjungan tersebut adalah mendorong realisasi komitmen investor sektor otomotif asal Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berangkat ke Tokyo, Jepang, kemarin (9/3). Tujuan kunjungan tersebut adalah mendorong realisasi komitmen investor sektor otomotif asal Jepang.

Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi mengatakan, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita akan melakukan pertemuan dengan pimpinan perusahaan otomotif Jepang untuk menjalin kerja sama di bidang otomotif.

“Salah satu agenda utama Menperin di Tokyo adalah untuk bertemu sejumlah prinsipal perusahaan otomotif Jepang agar mempertimbangkan surplus produk otomotif di Indonesia untuk re-ekspor ke negara ketiga, seperti ke negara ASEAN dan Australia”, demikian disampaikan Heri Akhmadi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Rencananya Menperin akan bertemu sejumlah perusahaan otomotif Jepang seperti Toyota Motor, Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki, dan Mazda. Selain itu, Menperin juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan wakil Pemerintah Jepang, antara lain Penasehat Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi dan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Hiroshi KAJIYAMA, serta asosiasi bisnis Jepang seperti Keidanren dan JAPINDA.

“Indonesia juga mengundang perusahaan otomotif Jepang untuk memanfaatkan berbagai insentif regulasi yang telah disiapkan Pemerintah RI seperti penurunan tarif pajak penjualan kendaraan bermotor dan stimulus untuk pengembangan mobil listrik berbasis baterai," tambah Heri Akhmadi.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggairahkan Ekspor

Kunjungan Menperin ke Jepang ini menurut Heri Akhmadi diharapkan dapat menggairahkan kembali ekspor mobil dari Indonesia yang mengalami penurunan penjualan selama pandemi COVID-19. Indonesia tambah Heri Akhmadi adalah pasar kendaraan bermotor terbesar di ASEAN, dengan estimasi sekitar 1,5 juta orang bekerja di sepanjang rantai industri otomotif.

Seperti diketahui, produk otomotif Indonesia telah diekspor ke lebih dari 80 negara, baik dalam bentuk Completely Build Up (CBU), Completely Knock Down (CKD) maupun bentuk komponen.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji Minggu (28/2), Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita berharap agar para pelaku industri Jepang dapat aktif berinvestasi di Indonesia. Apalagi menurut Agus Gumiwang Kartasasmita, Pemerintah Indonesia bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan memberikan kemudahan izin dan berbagai insentif yang menarik.

“Jepang merupakan salah satu negara mitra strategis bagi Indonesia. Hubungan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Jepang untuk sektor nonmigas pada periode 2014-2019 cenderung naik dengan pertumbuhan sebesar 5,06%,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Pada 2019 lalu, nilai investasi Jepang di Indonesia sebesar US$ 4,31 miliar. Sedangkan pada periode Januari-November 2020 yang merupakan tahun berat akibat pandemi Covid-19, nilai investasi Jepang mencapai US$ 2,58 miliar.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Jepang diharapkan dapat terus berupaya meningkatkan kerja sama ekonomi yang komprehensif, khususnya di sektor industri.

3 dari 3 halaman

Infografis Tolak Vaksinasi Covid-19 Terancam Denda hingga Sanksi Pidana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.