Sukses

Apakah Skutik Listrik Ini Bakal Menjadi Yamaha NMax Versi Listrik?

Yamaha diketahui mengajukan merek dagang untuk skutik listriknya ke European Union Intellectual Property Office. Rendering skutik futuristis itu sudah beredar dan perawakannya mirip Yamaha NMax

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha diketahui mengajukan merek dagang untuk skutik listriknya ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO).  Meski belum ada konfirmasi resmi dari pabrikan, rendering skutik futuristis itu sudah beredar dan perawakannya mirip Yamaha NMax.

Yamaha Motor Company (YMC) pertama kali kenalkan konsep skutik listrik E01 di Tokyo Motor Show 2019. E01 bisa disebut juga Electric Zero One. Dirancang sebagai kendaraan modern.

Pihaknya menyatakan, jika skuter listrik terbarunya itu, diharapkan bisa menjadi pilihan kendaraan perkotaan dengan gaya baru. Ditunjang fitur berkualitas dan keamanan serta kenyamanan tingkat tinggi.

Meski sudah lama tak terdengar, Yamaha terus mengembangkan platform baru selama 16 bulan terakhir.

Mendaftarkan merek dagang ke EUIPO membuktikan kalau produk anyar itu sedang ditinjau. Dikirim oleh Yamaha pada 5 Februari 2021, dan diterbitkan pada 15 Februari 2021.

Sejauh ini EUIPO mengizinkan pihak lain untuk mengajukan keberatan atas merek dagang dalam jangka waktu tiga bulan. Berarti info penolakan ditunggu hingga April 2021.

Jika semuanya berjalan lancar, pabrikan asal Iwata dapat menggunakan papan nama E01. Selain pada sepeda motor listrik, suku cadang serta perlengkapannya juga termasuk di dalamnya. Berlaku mulai 17 Mei 2021, dan seterusnya.

Hingga sekarang pihak pabrikan masih bungkam soal skuter listriknya itu. Namun kuat dugaan nantinya menggunakan dinamo DC brushless, berpendingin udara, dan beterai lithium-ion yang tidak dapat ditukar.

Banyak juga juga yang mengharap kalau lampu depan LED dipasang lebih rendah, mirip dengan pencahayaan R1 dan port pengisian daya yang dipasang di fasad.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rendering

Di lain sisi, rendering mengenai E01 juga sudah muncul. Tampak desainnya belum legal untuk digunakan di jalan raya.

Terlihat masih pakai spion berukuran kecil dan buntut yang mengerucut dari bagian tengah. Gambaran itu belum bisa memenuhi standar saat ini. Namun bagian itu tentu saja mudah untuk diperbaiki dan diubah.

Sementara garis bodinya masih terlihat lebih gemuk dan futuristis, serupa dengan konsep yang pertama kali dipamerkan. Fascia sedikit berbeda dari seblumnya.

Dek tengah terlihat mengembung, dipastikan menjadi tempat penyimpanan baterai. Tertutup dengan sempurna dan ada kisi-kisi sedikit untuk menyalurkan udara ke ruang motor penggeraknya.

Kemudi dibungkus dengan cover ala jetski. Joknya unik, wujudnya menyatu dengan bodi dari tengah hingga belakang.

Pijakan kaki bentuknya tidak beda jauh dengan NMax yang dipasarkan sekarang. Posisi duduk jadi lebih santai dan kaki bisa terjulur lurus ke depan ketika berkendara.

 

3 dari 4 halaman

Buritan

Belakangnya dibuat ringkas, karena tidak ada silencer knalpot. Buntutnya hanya ada stoplamp, dan tidak terlihat jelas penempatan sein. Bawahnya dipasang mud guard dan ditunjang dengan ban lebar.

Lengan ayun sepertinya menggunakan bahan dari aluminium. Selain mendongkrak tampilan, juga punya bobot yang ringan.

Dipasangkan suspensi ganda belakang untuk menunjang kestabilan motor. Pengereman diharapkan pakai cakram, depan maupun belakang. Bisa dipastikan sudah dibekali teknologi ABS.

Setelah merek dagang diperoleh dan regulasi terpenuhi, Yamaha bakal memposisikan E01 sebagai komuter perkotaan dengan tenaga yang sebanding dengan skuter 125cc.

Kehadirannya bisa disejajarkan dengan merek seperti KTM, Aprilia, dan BMW yang juga menghadirkan konsep skuter listrik. Dengan mengembangkan platform baru, Yamaha diharapkan datang di waktu yang tepat.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Infografis DP 0 Persen Kredit Kendaraan Bermotor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.