Sukses

PLN Jajal Kesiapan SPKLU Lewat Touring Jakarta-Bali

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjajal kesiapan pengisian daya kendaraan listrik lewat sebuah pengujian jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menjajal kesiapan pengisian daya kendaraan listrik lewat sebuah pengujian jarak jauh. Tidak tanggung-tanggung, rute pengujian ini dari Jakarta hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

 

Komisaris PT PLN Dudy Purwagandhi yang melakukan uji kendaraan mobil listrik dari Jakarta sejak 25 Desember 2020 menyebut, sebelum singgah di Surabaya, mobil listrik yang dikendarai telah mengisi daya di beberapa tempat. 

"Mobil listrik ini, sepanjang perjalanan dari Jakarta dan sebelum tiba di Surabaya, telah mengisi daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik atau SPKLU yang disediakan PLN di Cirebon Jawa Barat, Semarang dan Sragen Jawa Tengah," ujar dia di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). 

Dia menuturkan, uji coba ini merupakan wujud komitmen dan dukungan PT PLN terhadap perkembangan mobil listrik di Tanah Air serta implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. 

"Jadi sebenarnya perjalanan ini untuk melihat infrastruktur SPKLU yang sudah disiapkan oleh PLN agar para pengguna kendaraan listrik dalam perjalanan menempuh jarak jauh bisa aman dan nyaman, ketersediaan SPKLU itu sudah disiapkan oleh PLN," kata dia. 

Di Jawa Timur, lanjut Dudy, SPKLU tersedia di Surabaya, Situbondo, Paiton dan Banyuwangi.

"Hingga tahun 2025 mendatang, PLN menyatakan siap membangun sebanyak 2.400 SPKLU yang tersebar di seluruh Tanah Air," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PJB Dukung PLN Jatim

Sementara itu, Direktur pengembangan dan niaga PT PJB, Iwan Purwana menambahkan, pihaknya mendukung PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim untuk mengembangkan SPKLU di seluruh wilayah kerjanya. 

"Karena yang berhadapan dengan pelanggan termasuk penyediaan SPKLU ini adalah teman-teman unit induk distribusi Jatim dan kami di sisi hulunya saja," ucap Iwan. 

Iwan menegaskan, pihaknya menyiapkan tenaga suplai listriknya dari sistem pembangkitan maupun bisa dari tenaga surya. "Kami juga siap untuk misalkan diminta menyediakan SPKLU," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Infografis Menanti Momentum Pasar Otomotif Memuncak Lagi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik