Sukses

Buat yang Belum Tahu, Ini 8 Bagian dan Fungsi Busi di Kendaraan

Busi menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor. Fungsi utamanya mengubah listrik menjadi percikan api.

Liputan6.com, Jakarta - Busi menjadi salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah kendaraan, baik mobil ataupun motor.

Busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil lalu menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Namun, bagi yang belum tahu, busi juga terdiri dari beberapa bagian, dan memiliki kegunaannya masing-masing. Berikut, 8 bagian dan fungsi busi di kendaraan, seperti disitat dari laman resmi Federal Oil:

Terminal

Fungsi busi motor yang pertama adalah terminal. Terminal terbuat dari bahan bahan besi. Komponen ini terletak pada bagian pucuk busi yang busi dengan ignition. Komponen ini terhubung dengan kabel yang bertegangan tinggi yang mengalirkan listrik dari koil.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Insulator

Saat ini hampir semua busi yang ada memakai material keramik sebagai bahan dari insulator. Fungsi dari insulator ini adalah untuk memindahkan panas menuju ke kepala silinder. 

Bagian ini berfungsi untuk membuat batang terminal dan elektroda tengah di cangkang besi menjadi terisolasi. Sehingga arus tinggi dari elektroda tidak akan keluar.

Ribs

Berfungsi untuk mencegah arus listrik jadi merambat keluar komponen mesin yang bisa sebagai massa (negatif). Bentuk Ribs menggelombang atau memiliki lekuk yang bisa membuat jarak dari elektroda inti dan ground semakin jauh. Jika jarak semakin jauh maka hambatan inti besi dan ground akan makin besar.

Insulator Tip

Bagian ini akan mengalami pembakaran pada ruang bakar sehingga membutuhkan material yang tahan temperatur tinggi. Bagian ini juga bagian paling ujung di insulator yang bisa menahan temperatur 650 derajat Celsius dan menahan tegangan 60.000 Volt.

3 dari 4 halaman

Gasket

Gasket memiliki fungsi sebagai penutup agar tidak terjadi kompresi di ruang bakar sehingga tidak mengalir keluar.

Metal Case

Bagian busi lainnya, yaitu metal case yang berguna sebagai penghantar daya panas sebagai material konduksi yang bisa dikonduksikan ke komponen lain. Lalu, fungsi lainnya adalah sebagai pengunci busi ke silinder head.

Inti Elektroda

Sebagai inti elektroda, bagian ini berfungsi untuk menyalurkan energi listrik dan akan terhubung ke terminal. Bagian ini terbuat dari kombinasi tembaga, besi, nikel dan logam-logam lainnya. Tapi tembaga adalah yang paling umum digunakan.

Ground

Bagian ini terletak di ujung busi motor yang langsung bersentuhan dengan body atau ground motor. Arus listrik akan berpindah ke inti elektroda berkat bagian ini. Selain itu, api koil juga berakhir di bagian ini.

4 dari 4 halaman

Infografis Pilihan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.