Sukses

Membersihkan Busi dengan Cara Seperti Ini Ternyata Salah

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, busi tentu harus dirawat agar mampu bekerja maksimal. Ketika busi mengalami masalah, biasanya pemilik akan membersihkannya lebih dulu.

Meski demikian, masih banyak bikers yang melakukan kesalahan saat membersihkan busi. Tak sedikit pemilik kendaran membersihkan busi menggunakan sikat kawat dan amplas. Hal itu ternyata tak boleh dilakukan.

Saat busi terlihat kotor, membersihkan komponen ini menjadi cara yang tepat untuk membuang sisa karbon pembakaran yang menumpuk dan mempengaruhi kinerjanya.

Dilansir Federal Oil, Selasa (20/10/2020), membersihkan busi yang benar sebaiknya menggunakan angin bertekanan atau kompresor serta sikat yang permukaannya halus.

Saat membersihkan busi jangan sampai basah atau terkena air agar korosi pada busi tidak terjadi. Lalu apa risiko jika membersihkan busi pakai amplas dan sikat kawat?

2 dari 3 halaman

Mempengaruhi nyala api

Saat membersihkan dengan sikat kawat, permukaan busi bisa saja berubah, sehingga nyala api tidak sesuai dengan standart yang sudah ditentukan.

Agar pembakaran yang dihasilkan tetap maksimal, jangan lupa membersihkan busi dengan teratur dan benar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: