Sukses

Elon Musk Pastikan Fitur Nirsopir Sepenuhnya Tesla Meluncur Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk selaku bos Tesla kembali membuat sensasi. Kali ini Elon Musk mengaku akan meluncurkan fully-autonomous driving system atau sistem nirsopir sepenuhnya ke konsumen pada tahun depan.

Sebelumnya Tesla meluncurkan sistem Full Self-Driving Beta ke konsumen tertentu, namun sistem itu belum menganut kemampuan nirsopir Level 5 dan masih jauh dari sempurna. Dikutip dari Electrek, hal tersebut tidak menjadi hambatan Tesla untuk klaim kemampuan fitur nirsopir sepenuhnya.

Dilansir Carscoops, setelah menerima penghargaan Axel Springer di Jerman, Musk mendapatkan pertanyaan mengenai kesiapan fitur nirsopir sepenuhnya.

“ Untuk menjawab pertanyaan Anda, saya sangat percaya mencapai tingkatan nirsopir sepenuhnya dan meluncurkannya untuk konsumen Tesla tahun depan," ungkap Musk. Musk mengakui peraturan akan lebih rumit, namun Musk yakin beberapa wilayah akan mengizinkan nirsopir sepenuhnya tahun depan

2 dari 4 halaman

Canggih, Mobil Nirsopir Bisa Jualan Ayam Goreng

Pandemi Covid-19 berpengaruh banyak terhadap pola hidup masyarakat di berbagai belahan dunia. Beragam kebiasaan baru mulai diterapkan, begitu juga dengan teknologi. Misal saja penggunaan mobil nirsopir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Contohnya saja kerja sama KFC dengan perusahaan Cina bernama Neolix. Kerja sama tersebut menghasilkan mobil nirsopir atau lebih tepatnya food truck tanpa sopir untuk berjualan ayam goreng.

Diberitakan oleh Forbes bulan lalu, Neolix tengah memulai kerja sama dengan Yum Brands (Pemilik KFC Cina) untuk mengembangkan kendaraan nirsopir yang akan menyediakan makanan.

Kabarnya kerja sama juga dilakukan dengan Pizza Hut. Belum ada keterangan resmi dari Neolix mengenai jenis kendaraan yang digunakan untuk kerja sama ini. Melihat bentuknya, kendaraan yang sama juga digunakan oleh Neolix untuk menyemprot disinfektan selama masa pandemi beberapa waktu lalu di Cina.

Cara kerja restoran berjalan ini juga unik. Konsumen memilih menu lewat layar sentuh dan membayar melalui QR code. Setelah itu jendela mobil nirsopir akan terbuka dan konsumen dapat mengambil pesanannya. Belum jelas, bagaimana sistem mencegah konsumen mengambil makanan lain di dalam kendaraan yang bukan pesanannya. Jelasnya sih tak ada pelayan di dalam kendaraan yang menyiapkan pesanan.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: