Sukses

5 Motor Yamaha Ini Gunakan 1 Mesin yang Sama

Liputan6.com, Jakarta - Dengan mengandalkan 1 mesin saja, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bisa menghadirkan 5 model motor dengan konsep berbeda.

Ya, pabrikan berlogo garpu tala menyematkan mesin 1-silinder 155 cc berteknologi VVA (Variable Valve Actuation) di 5 produknya. Di kelas naked bike ada Yamaha Vixion R, Yamaha XSR155, dan Yamaha MT-15, kemudian Yamaha R15 untuk versi sport fairing, serta motor trail Yamaha WR155R.

Untuk versi naked dan sport fairing, spesifikasinya sama persis. Dapur pacu tersebut menghasilkan tenaga 19 Tk dengan torsi 14,7 Nm. Namun, di Yamaha WR155, dayanya turun menjadi 16,5 Tk dengan torsi 14,3 Nm, memang lebih rendah, tapi lebih mudah mencapai performa maksimumnya. 

Dari kelima motor tersebut, hanya Yamaha WR155R yang menggunakan sasis semi double-cradle frame. Jelas, alasannya agar semakin kokoh, stabil, dan nyaman ketika melibas medan off-road, tapi tetap lentur. Sedangkan 4 sisanya dibekali frame deltabox yang lebih rigid untuk menciptakan handling yang sporty. 

 

2 dari 5 halaman

Diferensiasi

Anton Widiantoro, Manager Public Relation PT YIMM pun sempat menyebut bahwa diferensiasi ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kelas 150 cc. Jadi, masyarakat bisa memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka masing-masing.

Sekadar informasi, Yamaha WR155R dibanderol Rp36,9 juta. Sementara itu, Yamaha XSR 155 dijual dengan harga Rp36,58 juta, Yamaha MT-15 Rp36,93 juta, dan Yamaha Vixion R Rp31,63 juta. Yamaha R15 menjadi yang termahal, mencapai Rp37,685 juta untuk versi livery MotoGP 2020, sedangkan varian standarnya dilabeli Rp36,08 juta.

Sumber: Otosia.com

3 dari 5 halaman

Yamaha Rilis Motor Baru Pekan Depan, Aerox?

Yamaha Indonesia berencana merilis produk baru pada 2 November mendatang. Informasi itu disampaikan Yamaha melalui unggahan teaser di media sosialnya.

Menyoal kepastiannya masih menjadi tanda tanya, walau diduga kuat Yamaha Aerox 155 terbarulah yang meluncur kali itu.

Prediksi tersebut diperkuat lantaran beberapa pekan ini, ramai pemberitaan terkait jajaran Maxi Yamaha paling sporty itu. Ditambah lagi penampakan LED pada tayangan singkat. Rasanya, paling apik jika diterapkan pada Aerox 155.

 

Membuatnya tambah agresif. Meski begitu, pendaran berupa empat buah lampu dioda sepertinya bertugas sebagai positioning lamp atau lampu senja. Sepertinya memang disediakan sebagai pengganti item serupa yang sebelumnya berlokasi mengapit headlamp.

Sementara penerangan utama tetap mengandalkan sepasang mata seperti model eksis. Namun lantaran dugaan tadi - terdapat LED, idealnya terdapat ubahan desain pada wajah.

Apalagi jika melihat foto-foto belakangan yang diprediksi Aerox 155 baru. Jika dilihat, area itu menjadi lebih padat. Sekilas mirip Honda Vario Series. Mengenai posisi lampu sein, kurang lebih sama.

Tetap menggunakan lampu bohlam. Pun kiranya pada sein belakang. Lantas, berharap saja pergantian bentuk diarahkan kepada lampu belakang.

Mendasari kebiasaan Yamaha Indonesia, perubahan pun rasanya bakal terjadi pada panel meter. Revisi tampilan atau pola informasi pastilah menjadi hal dasar. Tapi, bukan tidak mungkin ada menu tambahan layaknya All New Yamaha NMax. Itu berarti Aerox 155 bakal kedapatan jua fitur konektivitas?

Bila dijabarkan, Aerox versi 2020 menyediakan perangkat untuk menghubungkan pemilik dengan motor via smartphone. Lantas pembeli All New Aerox 155 bisa memanfaatkan beragam informasi dari aplikasi bernama Y-Connect.

    

4 dari 5 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: