Sukses

Mengulik Fitur Keselamatan Wuling Almaz, Ada Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Almaz menjadi produk andalan Wuling Motors di segmen sport utility vehicle (SUV). Selain dilengkapi fitur perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (Wind), Almaz juga dibekali beragam fitur keselamatan.

Wuling Almaz sendiri hadir dalam dua varian, Smart Enjoy dan Exclusive. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 226,8 juta hingga Rp 341,8 juta on the road Jakarta.

SUV asal Tiongkok ini mengandalkan mesin 1.5 liter turbo. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui dua opsi transmisi, yakni manual 6 percepatan dan 8-speed manual simulation.

Lalu bagaimana dengan fitur keselamatannya, ada apa saja? Yang pasti, Almaz telah dilengkapi Dual SRS Airbag. Sementara varian Exclusive mendapatkan tambahan Side Airbags untuk memberikan perlindungan ekstra kepada pengemudi dan penumpang depan kala terjadi tabrakan samping.

Mobil ini juga dilengkapi sabuk pengaman ditiap tempat duduk, serta safety belt reminder untuk penghuni baris pertama. Isofix untuk kursi anak juga tersedia di jok baris kedua.

 

2 dari 4 halaman

Sistem Pengereman

Dari sistem pengereman, keempat roda Almaz menggunakan rem cakram. Almaz juga dibekali Anti-lock Braking System (ABS) serta fitur pendukung lainnya, seperti Electronic Brake-force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Agar Almaz lebih mudah dikendalikan saat melibas berbagai kondisi jalan, Wuling membenamkan Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS).

Tidak cuma itu, Almaz juga dibekali Hill Hold Control (HHC) agar mobil tidak mundur saat berhenti sesaat di tanjakan, serta Automatic Vehicle Holding (AVH) yang merupakan fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti tanpa menahan pedal rem secara manual.

Mesti bertubuh bongsor, memarkirkan mobil ini bukanlah suatu hal yang sulit karena Almaz dilengkapi Rear Parking Camera.

Saat tuas transmisi berada di posisi gigi mundur maka layar monitor akan menampilkan gambar tangkapan kamera belakang, serta garis pembantu, dan posisi sonar yang aktif.

 

3 dari 4 halaman

Fitur Pembantu Saat Parkir

Untuk lebih memudahkan pengemudi saat parkir mundur, Wuling membantunya dengan 4-Points Rear Parking Sensor. Sementara pada varian Exclusive lebih lengkap lagi karena mendapat tambahan fitur berupa 2-Point Front Parking Sensor.

Varian Exclusive juga dibekali fitur 360 Camera dimana saat tuas transmisi di posisi 'R' maka monitor akan menampilkan hasil tangkapan kamera depan, samping, dan belakang, serta garis pembantu, dan posisi sonar yang aktif.

Menariknya, head unit Almaz dapat menggabungkan tiap gambar dari keempat kamera menjadi tayangan perspektif bird's eye view.

Khusus pada varian Almaz Exclusive, Wuling melengkapinya dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Fungsinya untuk menampilkan tekanan angin ban dalam satuan Bar yang dapat dipantau melalui layar Multi Information Display (MID). Sistem ini akan berkedip jika tekanan angin terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: