Sukses

Mengenal Sosok VW Mitra Buatan Indonesia

Namun, siapa sangka ternyata VW pernah diproduksi di Indonesia pada tahun 1970-an silam. Saat itu Pindad bertanggung jawab untuk memproduksi VW Mitra.

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen atau VW merupakan pabrikan mobil asal Jerman. Mobil buatannya terkenal bandel dan juga nyaman untuk digunakan.

Namun, siapa sangka ternyata VW pernah diproduksi di Indonesia pada tahun 1970-an silam. Saat itu Pindad bertanggung jawab untuk memproduksi VW Mitra.

VW Mitra merupakan salah satu produk dari program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS). Agar semakin mengenal VW Mitra, berikut ini ulasan lengkapnya yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Produksi Pindad

VW Mitra hadir di Indonesia pada tahun 1974. Mobil ini sendiri merupakan hasil kolaborasi antara PT. Garuda Mataram Motor (GMM) dan PT Pindad.

PT GMM selaku pemegang merek VW di pasar Indonesia di masa itu mendapatkan bagian untuk memasok mesin, drivetrain, dan bodi. Sedangkan Pindad bertugas menyuplai sasis.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. VW EA489

Ternyata VW Mitra dikembangkan dari basis VW EA489 transporter yang merupakan rancangan dasar kendaraan komersial.

Dalam penggunaannya, VW Mitra cukup fleksibel. Pasalnya bisa digunakan untuk beberapa model mobil, seperti minibus hingga pikap.

3 dari 4 halaman

3. Mesin VW Mitra

Mobil dengan desain pesek ini memakai mesin VW Boxer 4 silinder berkapasitas 1600cc dengan konfigurasi OHV Pushrod. Dari dapur pacu itu, VW Mitra mendapatkan pasokan tenaga sebesar 45 Tk dan torsi maksimal 98 Nm.

 

4 dari 4 halaman

4. Jumlah Produksi

Umur VW Mitra hanya 4 tahun di pasar Indonesia. Hal ini dikarenakan pada 1979, PT GMM dinyatakan pailit dan mengakibatkan produksi mobil tersebut terhenti.

Selama waktu 4 tahun, mobil yang mirip dengan VW Kombi itu hanya mampu diproduksi kurang dari 900 unit saja.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.