Sukses

Max Biaggi Siap Pecahkan Rekor Geber Motor Listrik 321 Km/Jam

Liputan6.com, Jakarta - Legenda MotoGP dan WSBK, Max Biaggi bertekad untuk memecahkan rekor dengan mengendarai motor listrik berkecepatan lebih dari 200 mph atau 321 km/jam. Namun, kendaraan yang bakal digunakan bukan motor konvensional, tapi motor listrik Voxan yang dimodifikasi.

Melansir Visordown, Max Biaggi bekerjasama dengan produsen Voxan Motors, Wattman Electric Motorcycle yang menciptakan motor khusus. Motor listrik ini akan menggunakan rangka turbular, suspensi depan double wishbone, dan dipasangkan swingarm tunggal.

Selain itu, motor listrik tersebut tidak akan menggunakan rem depan yang bertujuan untuk meningkatkan aerodinamika. Selain itu, dengan tidak ada rem juga menghindari ketidakstabilan ketika rem depan digunakan pada kecepatan tinggi.

Sedangkan untuk baterai lithium-ionnya berkapasitas 15 kWh dengan bobot hingga 140 kg atau hampir setengah dari bobot total motor 300 kg.

Dengan spesifikasi tersebut, motor listrik ini mampu menghembuskan tenaga hingga 367 Tk dengan torsi maksimum sebesar 970 Nm.

2 dari 4 halaman

Kecepatan tinggi

Tim Biaggi sendiri memiliki target kecepatan tertinggi setidaknya 330 km/jam dan memecahkan rekor sebelumnya, secepat  327 km/jam yang diraih oleh pembalap Jepang, Ryuji Tsuruta yang menggunakan motor listrik Motibec.

Sebagai informasi, pemecahan rekor Max Biaggi ini akan dilakukan Juli di dataran Garam Salar de Uyuni, Bolivia. Tapi, karena terjadi pandemi virus Corona rencana tersebut ditangguhkan.

3 dari 4 halaman

Motor Listrik Emula Tawarkan Suara Mesin 2 Tak

Menjadi kendaraan ramah lingkungan, motor listrik tak memiliki suara dan gas buang seperti kendaraan konvensional yang ada saat ini. Namun, hal berbeda diperlihatkan Emula Electric Motorcycle.

Memperlihatkan keunggulan motor melalui video, motor listrik ini memiliki tiga pilihan suara dan pengaturan tenaga sesuai keinginan pengendara saat melaju di jalan.

Seperti dilansir Visordown, salah satu pilihan suara yang bisa dihasilkan motor ialah mesin 600 cc empat langkah dengan tenaga mencapai 100 Tk pada 13.000 rpm seperti motor sport di tahun 1999.

Selain itu, tersedia juga pilihan suara mesin 800 cc empat langkah dua silinder dengan tenaga 77 Tk di 9.000 rpm dan mesin 250 cc dua langkah dua silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 60 Tk di 12.500 rpm.

Memiliki bentuk motor sport, kendaraan ramah lingkungan ini juga dilengkapi kopling. Bukan sekedar aksesori, kopling yang terdapat pada setang kendaraan juga berfungsi untuk mengatur tenaga yang dihasilkan kendaraan.

Untuk suara yang dihasilkan, Emula menyematkan knalpot serta speaker di dekat kursi pengendara. Apabila ingin mengganti suara, pengendara bisa menganturnya melalui layar instrumen touchscreen.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: