Sukses

Ini Penyebab Kampas Ganda Skutik Habisnya Tak Rata

Liputan6.com, Jakarta - Skuter matik atau skutik memiliki satu komponen yang cukup penting, yaitu kampas ganda. Berfungsi untuk menyalurkan sekaligus memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang, bagian ini wajib diperhatikan seperti halnya bagian skutik yang lainnya.

Seperti diketahui, kampas ganda ini memang bisa habis, bahkan sering kali habis sebelah atau tidak rata. hal tersebut terjadi, karena kebiasan pengendara motor yang sering menahan gas ketika terkena macet di jalanan yang menanjak.

Melansir laman Suzuki Indonesia, menahan gas motor matik ketika terkena kemacetan di tanjakan bisa berefek pada kondisi kampas ganda. Kebiasaan ini, bisa menyebabkan kampas ganda 'termakan' sebelah.

Kebiasaan menahan gas motor matik ini akan menyebabkan tapak kampas ganda tidak menggigit dengan sempurna. Pasalnya, ketika menahan gas, tapak kampas ganda hanya bagian sebelah saja yang bersentuhan dengan mangkoknya.

Umumnya, yang akan habis terlebih dahulu itu tapak kampas ganda bagian depan. Jika sudah termakan sebelah, kampas ganda menjadi tidak akan mampu bekerja dengan maksimal. Hasilnya, motor matik akan terasa kurang nyaman ketika berakselerasi.

2 dari 2 halaman

Segera ganti

Karena itulah, saat terjebak kemacetan di jalanan menanjak, jangan menahan motor matik dengan membuka gas.

Tahanlah motor dengan memakai rem atau jika ada fitur parking lock, gunakanlah fitur tersebut karena lebih aman dan tidak akan membuat sebagian kampas ganda habis.

Jika memang kampas ganda pada motor matik Anda sudah habis, segeralah ganti untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.