Sukses

Penyelenggaraan GIIAS 2020 Mundur, Ini Jadwal Barunya

Penyelenggaraan GIIAS 2020 yang sedianya berlangsung Agustus mendatang terpaksa mundur lantaran pandemi Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona Covid-19 yang berlangsung di banyak negara, termasuk di Indonesia berdampak luas di berbagai lini industri. Salah satu yang terdampak, sudah pasti bisnis otomotif termasuk berbagai pameran roda empat dan roda dua di Indonesia.

Namun, berbeda dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang sudah membatalkan gelaran tahun ini, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) masih akan tetap menyelenggarakan pameran tahunan tersebut.

Keputusan tersebut, menimbang beberapa faktor seperti perekonomian di Indonesia, kesehatan, dan keselamatan masyarakat saat ini, Gaikindo berasumsi pada Juni 2020 kondisi pandemi akan mulai membaik, dan kemudian Juli 2020 kondisi negara secara keseluruhan akan mulai berangsur normal, termasuk kondisi ekonomi Indonesia.

Terkait hal tersebut, Gaikindo mengambil keputusan penting, yaitu mengkonsentrasikan penyelenggaran GIIAS Surabaya dan GIIAS Jakarta (BSD-City), sedangkan penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksakan kembali pada 2021.

Rencana penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series, GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020, dan akan berlangsung selama 5 (lima) hari, di Grand City Convex Surabaya.

Sementara, The 28th GIIAS 2020,BSD-City akan berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

Dijelaskan Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, pihaknya harus berpikir kedepan, bahwa berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara, dan selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit Kembali.

"Oleh karena itu, kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian," jelas Nangoi dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi tempat yang tepat

Sementara itu, Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo menekankan kembali keyakinannya bahwa penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series akan menjadi ajang yang paling tepat untuk bersama membangkitkan industri otomotif Indonesia.

"Gaikindo percaya bahwa dengan penyesuaian waktu, pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit, dan menunjukkan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini kepada masyarakat, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada tahun 2020 ini," pungkas Rizwan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.