Sukses

Ini Cara Mudah Agar Cat Motor Tetap Berkilau

Liputan6.com, Jakarta - Motor dengan tampilan cat yang bagus dan mengkilat menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Biasanya, cara yang paling mudah dan sederhana untuk menjaga agar kuda besi tetap kinclong, adalah dengan rajin mencuci roda dua kesayangan.

Namun, tahukah Anda, justru dengan seringnya mencuci motor akan membuat kualitas cat di bodi kendaraan menurun. Nah, berikut beberapa tips untuk merawat, sekaligus mencuci motor seperti dilansir laman resmi Wahana Honda:

1. Jangan tunggu motor menjadi kotor

Ada kalanya seseorang akan menunggu motor terlihat kotor terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk mencucinya.

Hal tersebut, adalah langkah yang salah karena ketika motor sudah menjadi kotor, noda atau kotoran lain yang lebih dahulu melekat pada cat di bodi akan lebih sukar untuk dihilangkan.

Oleh karena itu, usahakan untuk mencuci motor setidaknya dua atau tiga minggu sekali

2. Jangan gunakan deterjen atau sabun colek

Sangat dianjurkan sekali ketika ingin mencuci motor sendiri dengan menggunakan sabun khusus yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun deterjen atau sabun colek untuk mencuci motor.

Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam sabun deterjen atau sabun colek dapat merusak lapisan cat terluar dari motor, dan efek jangka panjangnya adalah justru dapat membuat motor terlihat kusam walaupun dalam keadaan bersih

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan pengkilap motor yang sebenarnya

Sekarang ini ada banyak sekali produk pengkilap car motor yang dijual di pasaran. Mungkin bagi kebanyakan orang, semua produk tersebut sama.

Namun pada kenyataannya, ada produk-produk tertentu yang memiliki kandungan kimia yang sangat keras sehingga dapat merusak lapisan car pada motor

4. Letakkan di tempat teduh atau bungkus dengan pembungkus khusus motor

Ketika memarkirkan di tempat lain saat Anda berada di luar rumah, maka pilih tempat parkir yang memiliki atap.

Apabila tempat parkir yang dituju tidak memiliki atap pelindung, maka carilah tempat yang cukup teduh atau di bawah pohon agar dapat melindungi motor dari sinar matahari langsung.

Kemudian, apabila kedua hal tersebut tidak tersedia, maka jalan satu-satunya adalah dengan membungkus motor dengan pembungkus khusus motor yang sudah banyak dijual di pasaran.

 

Honda Rebel 2020 - First Impression