Sukses

Penampakan BMW Seri 3 Hanyut Terseret Banjir

Banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek terjadi Rabu (1/1/2020) pagi. Hal ini merupakan dampak intensitas hujan yang tak kunjung berhenti sejak Selasa sore 31 Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta Banjir di sejumlah wilayah Jabodetabek terjadi Rabu (1/1/2020) pagi. Hal ini merupakan dampak intensitas hujan yang tak kunjung berhenti sejak Selasa sore 31 Desember 2019.

Ketinggian air bervariasi dan menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas dan warga tak bisa melakukan aktivitas.

Beberapa sungai diketahui meluap, sehingga arus deras menyebabkan jalan tak bisa dilalui dan menyeret kendaraan di sekitarnya. Salah satunya terekam kamera warga Perumahan Laverde, Serpong Park.

Dalam video berdurasi 35 detik terlihat dua mobil yang sedang dikendarai tengah berjuang melawan arus banjir. Terlihat juga mobil m BMW seri 3 hanyut terbawa arus banjir.

Tak diketahui secara pasti apakah sedan mewah tersebut dalam keadaan kosong atau terdapat pengendara serta penumpang dan bagaimana nasib kedua mobil yang tengah berjuang melawan arus banjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMW Hanyut

3 dari 3 halaman

Mobil Matik Bisa Terobos Banjir, Begini Caranya

Hujan deras yang melanda DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah banjir, seperti Gatot Subroto, Sudirman, Gelora Bung Karno, dan Jalan Asia Afrika. Saat harus berhadapan dengan banjir, pengguna jalan terpaksa menerobos, meski mengetahui risiko terburuk yang akan dialami ialah mogok.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna, butuh teknik dan skill yang mumpuni untuk melewati banjir menggunakan transmisi otomatis.

"Bila baru akan melewati, pastikan ketinggian air tidak terlalu dalam, minimal setengah roda, lebih dari itu lebih baik jangan dilewati. Perhatikan juga pengendara yang lebih dulu melintas, apakah ada lubang atau tidak," jelas Suparna, seperti dikutip laman Auto2000.

Lalu tekniknya, jika mobil matik konvensional, arahkan tuas transmisi ke posisi L atau 1. Selama melewati genangan, jangan memindahkan transmisi agar kecepatan mobil bisa terjaga serta putaran mesin tetap bertahan.

Tujuannya agar sisa gas buang yang keluar dari knalpot bisa menahan laju air masuk ke dalam ruang mesin lewat jalur pembuangan.

Jaga jarak dengan kendaraan depan. Sebab jika terlalu dekat maka pengendara akan menginjak rem dan membuat rpm turun. Ketika pedal gas kembali ditekan, tenaga akan turun dan bisa berbahaya bila sudah dalam banjir karena mobil bisa kehilangan momentum.  

Cara menjaga rpm tetap pada putaran tertentu bisa juga dengan menekan pedal gas dan rem secara bersamaan. Teknik bernama stall speed ini sayangnya tak dianjurkan, karena bisa menyebabkan kerusakan.

"Teknik stall speed memang ampuh, tapi juga berisiko. Pertama sudah pasti kampas rem akan cepat aus, begitu juga kampas kopling transmisi otomatis," tandasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.