Sukses

Wajib Tahu, Ini Fungsi Teknologi Pretensioner dan Force Limiter di Sabuk Pengaman

Seat belt atau sabuk pengaman sudah menjadi fitur keselamatan yang wajib ada di setiap mobil

Liputan6.com, Jakarta - Seat belt atau sabuk pengaman sudah menjadi fitur keselamatan yang wajib ada di setiap mobil. Namun, komponen penting ini, tidak hadir begitu-begitu saja, karena teknologinya pasti selalu berkembang.

Berbicara teknologi di sabuk pengaman, kini hadir pretensioner dan force limiter. Teknologi tersebut, memang sudah banyak terdapat di mobil-mobil pada umumnya. Salah satunya adalah mobil Toyota.

Lalu, apa sih pretensioner dan force limiter?

Dilansir pressroomtoyotaastra.com, pretensioner berfungsi untuk memastikan sabuk yang digunakan mampu menahan badan dari pengemudi maupun penumpang.

Menariknya, pretensioner memiliki sistem kerja dengan sensor yang sama dengan airbag. Sehingga, saat airbag mengembang karena benturan keras, maka dalam waktu bersamaan seatbelt akan langsung mengencang.

Nah, Ketika sabuk mengencang, posisi tubuh tidak terhempas dan tetap berada di bangku. Beberapa detik usai kejadian, secara otomatis sabuk pengaman akan mengendur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Aman

Tentunya, sistem kerja sabuk pengaman dengan fitur pretensioner lebih aman untuk melindungi penumpang dan pengemudi dari benturan keras, karena tekanan maksimal dari sabuk.

Sedangkan untuk teknologi force limiter, berfungsi sebagai pembatas kekuatan sabuk dalam mengendalikan beban tubuh pengemudi dan penumpang.

Teknologi ini, diterapkan untuk meminimalisir benturan ke dada yang vital dalam tubuh manusia.

Maka dari itu pretensioner dan force limiter dikombinasikan agar kerja sabuk pengaman lebih efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.