Sukses

Lintasi Jalan Rusak dengan Sepeda Motor, Perhatikan Tiga Hal Penting Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi jalan yang bergelombang, berlubang, dan berbatu membutuhkan konsentrasi ekstra karena kenyamanan saat berkendara akan sangat terganggu.

Selain akan membuat kita cepat letih, melintasi jalan rusak juga sangat berbahaya karena rentan kecelakaan dan membuat beberapa komponen rusak, seperti pelek.

Buat kamu yang sering melintasi jalan rusak, berikut trik dan tipsnya supaya aman saat naik motor di jalan yang rusak, seperti dilansir Federal Oil, Sabtu (28/9/2019).

1. Pandangan harus jauh ke depan, supaya kita bisa mengetahui kondisi jalan dan lalu lintas yang hendak dilalui. Apabila di depan ada lubang atau ada jalan yang rusak kita bisa menghindar dan memperlambat laju motor kita dari jauh

2. Jika melintasi jalan rusak dengan kondisi lalu lintas padat, jaga jarak dengan kendaraan lain, usahakan jangan terlalu dekat terlebih dengan kendaraan besar atau mobil

3. Jika mendadak melihat lubang, usahakan turunkan gas motor dan rem bagian depan serta belakang agar tidak oleng atau slip. Saat ingin menghindari lubang, jangan lupa melihat kaca spion terlebih dahulu.

2 dari 2 halaman

Tekuk Kaki dan Siku

Apabila jarak pengereman sangat pendek dan harus melintasi lubang, tetap turunkan gas dan angkat pinggul diikuti lutut dan siku yang sedikit ditekuk serta genggam setang kemudi dengan kuat.

Hal ini dilakukan agar kaki dan tangan pengendara tidak terlalu kaku saat melintasi lubang. Bila mengetahui pengendara di depan akan menghadapi lubang, cobalah mengurangi kecepatan dan memberi kesempatan menghindar.

 

Kawasaki W175 Cafe 2019 | First Impression