Sukses

Astra Otoparts Hadirkan Bengkel Binaan di Sekolah

Grand opening Teaching Factory (TEFA) bengkel binaan Astra Otoparts yang diinisiasi oleh Shop & Drive -Shop & Bike dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta berlangsung di SMK PGRI 20, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta Grand opening Teaching Factory (TEFA) bengkel binaan Astra Otoparts yang diinisiasi oleh Shop & Drive -Shop & Bike dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta berlangsung di SMK PGRI 20, Jakarta Timur.

TEFA merupakan metode pembelajaran yang beriorientasi pada proses produksi dan bisnis. Penguasaan keahlian atau keterampilan peserta didik dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar.

Tidak hanya kegiatan layanan jasa penggantian produk seperti aki, oli, shock absorber, serta ban yang menjadi bagian dari pembelajaran, namun juga pelatihan sesuai standar Shop & Drive dan Shop & Bike yang melibatkan konsumen.

Dengan mengintegrasikan beberapa proses pembelajaran tersebut, keahlian atau keterampilan yang layak dipasarkan dapat dihasilkan serta menambah keterampilan di sekolah.

“Membuat bengkel binaan ini tidak mudah dan membutuhkan proses yang panjang. Maka dengan adanya TEFA, semoga link and match antara SMK PGRI 20 Jakarta dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Astra Otoparts) dapat meningkatkan kompetensi siswa sehingga sesuai dengan kebutuhan industri,” kata Drs. H. Wurdono, M.Pd, Kasi Bidang Kurikulum DinasPendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Transfer Teknologi

Menjadi partner pelatihan diberikan kepada siswa hingga tenaga pengajar. Selain itu, alat-alat pendukung dan perlengkapan untuk kebutuhan TEFA juga diberikan Shop & Drive dan Shop & Bike.

Kehadiran TEFA diharapkan dapat mewujudkan upaya SMK dalam menciptakan dan membentuk SDM yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).

TEFA juga menjadi sumber transfer teknologi dan informasi terutama pada aktivitas pesertadidik dan guru saat pembelajaran, menumbuhkan kreatifitas siswa, memperluas kesempatan rekruitmen bagi lulusan, membantu siswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang terampil, serta tentunya membina kerjasama yang baik dengan Astra Otoparts.

“Kami harap dengan ikut berpartisipasinya Shop & Drive dalam TEFA di SMK PGRI 20 Jakartadapat membantu SMK PGRI 20 Jakarta dalam mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang profesional, meningkatkan minat dan kompetensi para siswa, serta bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ujar Indra Nugraha, Retail Division Head Astra Otoparts.

Hadirnya TEFA juga diharapkan mampu membawa siswa untuk menguasai keterampilan. Tidak hanya mempraktikkan soft skill dalam pembelajaran, bekerja dalam tim, dan melatih kemampuan komunikasi interpersonal, pembekalan ini juga diharapkan mampu merealisasikan pengetahuan secara langsung dan latihan bekerja untuk memasuki dunia kerja secara nyata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.