Sukses

Sudah Meluncur Februari, Nissan Masih Sungkan Berikan Data Penjualan Livina Baru

Liputan6.com, Semarang - Mobil keluarga tujuh penumpang baru PT Nissan Motor Indonesia (NMI), all new Livina telah meluncur Februari 2019. Namun hingga saat ini, pabrikan asal Jepang tersebut masih belum bersedia menunjukkan detail angka pemesanan atau SPK mobil yang berbagai platform dengan Mitsubishi Xpander tersebut.

Menurut Presiden Direktur PT NMI, Isao Sekiguchi, saat ini sangat sulit melihat bagaimana pasar sesungguhnya. Pasalnya, penjualan mobil secara total pada periode April hingga Mei terjadi penurunan.

"Berapa ya penjualan Maret-April 2019 di data Gaikindo (all new Nissan Livina)? Itu kan bersama-sama (dua bulan) jadi, Anda bisa kembangkan imajinasi Anda," jawa Sekiguchi saat ditanya penjualan all new Nissan Livina yang hanya 3.086 unit (Maret-April) 2019, saat acara media test drive all new Nissan Livina di Semarang, Jawa Barat.

Lanjut Sekiguchi, pihaknya juga melihat ada penurunan penjualan yang cukup besar di beberapa kompetitor Nissan Livina. Jadi, saat ini, strateginya bukan menentukan target pasti untuk mobil keluarga tujuh penumpangnya tersebut, melainkan meningkatkan penjualan setiap harinya.

"Kita berusaha keras mendorong penjualan setiap hari. Event ini, adalah salah satu aktifitasnya, dan juga kegiatan lain, dengan membuat pameran di mal-mal. Saat ini saya tidak yakin orang-orang ingin membeli mobilnya, mereka cuma melihat-lihat, tapi kami ingin meningkatkan interaksi dengan konsumen," tambahnya.

Jadi, dengan melihat hal tersebut, mungkin dalam beberapa bulan ke depan, akan terlihat berapa penjualan ideal untuk Nissan Livina.

"Tapi untuk saat ini terlalu dini mengatakan berapa volume yang tepat untuk Nissan Livina. Tolong tunggu momennya," pungkas Sekiguchi.

2 dari 3 halaman

Daihatsu Sindir Penjualan All New Nissan Livina

Memasuki bulan kelima sejak peluncuran, penjualan Nissan ternyata hanya berada di angka 1.000an unit. Hal itu menjadi pertanyaan Daihatsu, terlebih bulan Mei penjualan mobil diharapkan meningkat karena bertepatan dengan bulan puasa menjelang Idul Fitri.

"Untuk new Livina itu 1.112 unit, sebenarnya kita monitor kok new Livina bilangnya targetnya mau 2.000an dan ini Lebaran masih 1.112 unit. Untuk Xpander itu 5.110 unit dibandingkan dengan Avanza 8 ribu unit rasanya ini jaraknya cukup jauh ya," kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor di Kuching, Malaysia.

Berada di atas Xenia, Amel mengaku Suzuki Ertiga berhasil mencatatkan penjualan 2.533 unit. Angka tersebut memiliki selisih ratusan unit dengan Xenia. 

"Untuk MPV low, market share bulan lalu untuk Xenia itu 11 persen, kalau dilihat jualan 2.533 unit. Hanya Xenia dibandingkan Ertiga masih lebih banyak Ertiga, dia dapat 2.657 unit. Saya selalu bicara retail," kata Amel.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bersiap, Nissan X-Trail Facelift Bakal Meluncur di GIIAS 2019
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Sindir Penjualan All New Nissan Livina