Sukses

Mengenal Fitur Pencegah Tabrakan pada Mobil Mewah

Mobil mewah biasanya dilengkapi dengan segudang fitur yang tak kalah mewah. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah penggunanya hingga menjamin keselamatan di jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil mewah biasanya dilengkapi dengan segudang fitur yang tak kalah mewah. Fitur-fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah penggunanya hingga menjamin keselamatan di jalan raya.

Misalkan saja body stabilization system, traction control, parking assistance, dan lainnya. Selain itu ada yang dibekali collision warning system. Fitur ini membantu kendaraan menghindari tabrakan atau benturan. Bagaimana cara kerjanya?

Menurut Zing, collision warning system bekerja dibarengi dengan adanya sensor. Nah sensor ini akan aktif terus menerus memancarkan gelombang radio.

Jika sensor menangkap adanya hambatan gelombang radio, sinyal tersebut akan kembali direspons oleh sensor. Lalu ECU secara otomatis menghitung jarak antara kendaraan dan rintangan, lalu mengirimkan peringatan ke pengemudi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Pre-Safe

Ada juga sistem yang bekerja secara otomatis, tanpa memberikan peringatan kepada pengemudi. Sistem seperti ini biasanya ada pada mobil-mobil mewah.

Sistem akan secara otomatis terhubung ke sistem rem darurat otomatis. Maka, mobil secara otomatis mengerem sebelum tabrakan terjadi.

Bahkan mobil seperti Mercedes E-Class dan BMW 5-series punya fitur Pre-Safe. Fitur itu bekerja secara otomatis seperti mengencangkan sabuk pengaman, menyesuaikan posisi kursi, menutup semua kaca pada mobil, dan memastikan keamanan bagi penumpang jika terjadi tabrakan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.