Sukses

Suzuki Baleno Versi Toyota Bernama Glanza

Liputan6.com, New Delhi - Kerja sama antara Toyota dan Suzuki sudah mulai terlihat hasilnya. Produk baru bukanlah strategi yang dilakukan, melainkan menawarkan model yang di-rebadge.

Toyota memang kalah dalam segmen mobil kompak di India. Sedangkan kelas paling ramai itu dikuasai oleh Maruti Suzuki. Cara paling mudah untuk mencari pangsa pasar, dengan kerja sama.

Maka produk Suzuki akan berlabel Toyota. Yang pertama muncul, namanya Toyota Glanza. Menurut pemberitaan Cardekho, akan meluncur akhir tahun ini. Tapi video teaser sudah beredar dan benar-benar mempertunjukkan wujudnya yang persis seperti Suzuki Baleno versi domestik sana.

Namanya juga video teaser, hanya menggoda dalam durasi singkat dan tidak detail. Paling jelas hanya memperlihatkan profil bodi belakang bagian samping. Terlihat amat jelas ini adalah Maruti Baleno. Desain pelek 16-inci sama, hanya logo Triple Elipse tersemat di bagian tengah. Seolah bagian muka ada yang disembunyikan, dan ternyata benar. Dari hasil foto mata-mata yang juga didapat Cardekho, wajah Glanza tampak sedikit dibedakan dengan Baleno.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Desain grille dibuat lebih sederhana dengan model dua bilah. Logo Toyota pun tegas terpampang di tengahnya. Tidak ada perubahan pada lampu, masih proyektor dengan Daytime Running Light (DRL) LED. Bemper depan, airdam, hingga rumah fog lamp tetap sama. Tidak seperti halnya Toyota Yaris di Amerika Utara yang memakai basis Mazda2. Mukanya banyak dipermak untuk menghilangkan bahasa desain Mazda.

Bagian bokong malah tidak ada ubahan sama sekali. Mengikuti versi facelift di India, desain lampunya sama, begitu pula aksen krom yang tebal. Praktis hanya logo dan nama Glanza yang tertempel sebagai pengenal utama. Dari warnanya saja sama seperti Baleno. Video teaser menunjukkan warna merah milik Baleno juga.

Melihat tampilan eksterior, Toyota Glanza tak ubahnya rebadge belaka. Belum dapat diketahui mengenai sektor interior. Kabarnya mendapat sedikit personalisasi Toyota di beberapa bagian.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun pilihan mesin tidak akan sama dengan Baleno. Karena Glanza disebut cuma diberi pilihan mesin bensin 1,2-liter. Berbeda dengan Baleno yang ditawarkan dalam empat pilihan dapur pacu, tiga bensin dan satu diesel. Mesin 1,2-liter dimaksud besar kemungkinan unit DualJet yang ditambah teknologi Smart Hybrid. Tapi transmisinya bukan manual seperti satu-satunya pilihan di Baleno. Kemungkinan tersedia opsi CVT untuk Glanza.

Kelengkapannya saling berbagi dengan Baleno trim tertinggi. Dapat dilihat dari kamera parker yang hanya ada di Baleno tipe Alpha. Soal harga, sepatutnya Glanza dibanderol lebih mahal dari Baleno. Seperti nasib mobil hasil rebadge lain.

Loading
Artikel Selanjutnya
Renault Serius Bangkit di Indonesia, Ini Strateginya
Artikel Selanjutnya
Honda Tak Merasa Terancam dengan Kehadiran LSUV Cina