Sukses

Motor Adventure Suzuki Dipastikan Rilis Tahun Ini

Suzuki ambil ancang-ancang untuk menelurkan motor bergaya adventure berkubikasi mesin 150cc.

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar petualang roda dua terus tumbuh bersamaan dengan produk baru. Kawasaki bermain lebih dulu dengan KLX d150 dan D-Tracker 150, lalu Honda dengan CRF150, lalu Viar Cross, kini Suzuki ambil ancang-ancang untuk menelurkan motor bergaya adventure berkubikasi mesin 150cc.

Motor tersebut bukanlah murni trail, melainkan semi adventure yang bisa digunakan harian di medan offroad maupun jalan aspal.

Menurut rencana motor yang di Cina bernama Haojue NK150 ini akan diluncurkan pada akhir tahun 2019. Dari informasi yang diterima otosia.com, Haojue NK150 akan mengaspal akhir tahun ini. Bukan pada IIMS maupun GIIAS seperti yang dirumorkan.

Motor tersebut bukanlah mengambil basis mesin dari Suzuki GSX-150, melainkan murni dibuat di Haojue Holdings di Guangdong, Cina. Pihak Suzuki Indonesia sendiri belum memberikan nama pasti untuk motor adventure 150 cc-nya. Namun banyak yang menyebutnya Suzuki DR 150.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Di Cina Haojue NK150 mengadopsi panel indicator digital LCD, yang di antaranya berisi informasi kecepatan, rpm, dan jarak kilometer, serta posisi gear. Namun motor ini masih mengenakan bohlam pada lampu sein dan belakang.

Haojue NK150 dipersenjatai mesin 4-tak 149 cc SOHC 2 valve, berpendingin udara, dengan tenaga mencapai 12,2 Tk/1500 rpm. Bertransmisi manual 6-percepatan Haojue NK150 memiliki torsi 12,7 Nm pada putaran 6000 rpm.

Berbobot 137 kg, secara dimensi motor ini punya panjang 2.070 mm, lebar 825 mm, dan tinggi 1.165 mm. Sementara jarak as roda 1.360 mm, tinggi jok 839 mm, serta tangkinya mampu menampung bahan bakar 12,2 liter.

Lantaran fungsinya sebagai motor adventure yang dapat melahap segala medan, Haojue NK 150 dipasangkan suspensi depan stroke 180 mm dan peredam kejut belakang monoshock, yang dikawinkan dengan rem cakram 240 mm berkaliper piston ganda pada bagian depan dan tromol di belakang tromol.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Spesifikasi inilah yang kemungkinan besar sama dengan yang bakal mengaspal di Indonesia akhir tahun ini. "Kita lihat nanti-lah," kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales dalam kesempatan lalu

Haojue Holdings Co., Ltd. (Haojue Holdings) adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan sepeda motor di Cina. Perusahaan ini mengoperasikan fasilitas manufaktur di Jiangmen di Provinsi Guangdong dan Changzhou di Provinsi Jiangsu.

Haojue dan Suzuki, dua merek sepeda motor yang dikembangkan oleh Haojue Holdings, telah mengalami pertumbuhan penjualan yang kuat di Cina dan diekspor ke lebih dari 80 negara, termasuk mengirim Suzuki Inazuma 250 ke Indonesia.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.