Sukses

Fakta-Fakta Avanza-Xenia Terbaru yang Perlu Diketahui

Jelang peluncuran, foto-foto model terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tersebar di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang peluncuran, foto-foto model terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tersebar di dunia maya. Alhasil keduanya menjadi perbincangan hangat masyarakat.

Lepas dari soal eksterior dan interiornya, Merdeka.com mencari berbagai informasi soal mobil kembar yang merajai segmen low MPV di Indonesia ini. Berikut hasil penelusurannya dari berbagai sumber:

1. Waktu peluncuran

Menurut sumber Merdeka.com, New Xenia bakal diluncurkan pada Selasa, 15 Januari 2019. Tempatnya kemungkinan besar di diler flagship Daihatsu Indonesia.

Jika Xenia produksi 2019 diluncurkan pada 15 Januari, maka New Avanza juga demikian. Ini berdasarkan rekam jejak mobil kembar ini sejak diluncurkan pertama kali pada 2004. Keduanya selalu diluncurkan pada hari yang sama.

Toyota Indonesia memang tutup mulut soal ini. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, mengatakan, belum ada tanda-tanda (waktu peluncuran), karena suratnya saja belum ditandatangani.

"Saya yang tanda tangan surat undangannya, tapi sampai sekarang saja belum ada bau-baunya," ujarnya.

2. Varian Mesin

Yang menarik dari New Avanza-Xenia adalah varian mesin yang ditawarkan lebih beragam. Memang untuk New Avanza varian mesinnya masih sama; 1.300 cc dan 1.500 cc.

Namun, bagi New Xenia, kini ada varian mesin 1.500 cc. Menarik bukan!

3. Inden openMenurut beberapa diler resmi Avanza-Xenia, mereka sudah membuka daftar tunggu (inden) kepada konsumen yang ingin membeli model baru mobil keluarga ini.

Standarnya, inden dibuka dengan menyetorkan uang Rp 5 juta sehingga nama konsumen bisa masuk daftar tunggu. Namun harga jual resminya belum tersedia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Waktu delivery

Kabarnya waktu tunggu konsumen yang memesan New Avanza-Xenia tidaklah lama, hanya satu bulan. Jadi jika 15 Januari diluncurkan, maka pengiriman pertama unit kendaraan bisa dilakukan pada 15 Februari.

Hal ini bisa dimaklumi, karena produksi Avanza-Xenia dilakukan di fasilitas pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat.

ADM merupakan pabrikan otomotif terbesar di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi hingga 500 ribu unit per tahun.

5. Harga tetap

Ini jurus kuncian Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Kabarnya, harga jual Avanza-Xenia produksi 2019 sama dengan model lawas, alias tidak ada kenaikan. Meski ada penerapan standar emisi Euro-4.

Jurus ini sangat mungkin dilakukan, setelah keberhasilan strategi harga ini saat meluncurkan All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios pada November 2017.

Seperti diketahui, Toyota-Astra Motor memutuskan tidak menaikkan harga jual All New Rush. Bahkan untuk varian 1.5 TRD Sportivo A/T, harga jualnya lebih rendah Rp 3 juta dibandingkan model sebelumnya.

Sedangkan All New Terios justru mengalami penurunan harga di lima dari tujuh varian. Dua varian lagi harganya tidak naik; All New Terios 1.5 X MT dan Terios 1.5 R MT.

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini